Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

China Peringatkan Nancy Pelosi Agar Tidak Mengunjungi Taiwan

Perjalanan Pelosi ke Asia tersebut memicu ketegangan antara Washington dan China karena berkembang spekulasi Taiwan masuk ke dalam daftar kunjungan

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in China Peringatkan Nancy Pelosi Agar Tidak Mengunjungi Taiwan
EPA/BBC
Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi. Perjalanan Nancy Pelosi ke Asia tersebut memicu ketegangan antara Washington dan China karena berkembang spekulasi yang menyebut Taiwan masuk ke dalam daftar kunjungan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Ketua Kongres Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengunjungi Singapura hari ini Senin (1/8/2022) dalam tur kunjungannya ke Asia.

Perjalanan Nancy Pelosi ke Asia tersebut memicu ketegangan antara Washington dan China karena berkembang spekulasi yang menyebut Taiwan masuk ke dalam daftar kunjungan.

Pada Minggu (31/7/202), kantor Ketua DPR AS mengumumkan Pelosi akan memimpin delegasi Kongres AS dalam kunjungan ke negara-negara Asia, yang mencakup Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang.

Baca juga: Tur Asia Nancy Pelosi: PM Singapura Singgung Hubungan AS-China hingga Kantor DPR AS Tak Sebut Taiwan

Namun pengumuman hari Minggu kemarin tidak menyebut Taiwan dalam daftar kunjungan Pelosi.

China memandang kunjungan pejabat AS ke Taiwan sebagai sinyal yang menggembirakan bagi kelompok pro-kemerdekaan Taiwan. AS diketahui terikat oleh hukum untuk memberikan Taiwan sarana untuk mempertahankan diri, walaupun secara resmi tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Juru bicara angkatan udara China Shen Jinke pada hari Minggu kemarin mengatakan, Beijing dengan tegas akan menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial.

Shen menyebut, angkatan udara China memiliki banyak jenis jet tempur yang mampu mengitari Taiwan, yang diklaim China sebagai bagian dari wilayahnya.

BERITA TERKAIT

Selama panggilan telepon pada pekan lalu, Presiden China Xi Jinping memperingatkan Presiden AS Joe Biden agar Washington mematuhi Kebijakan Satu Tiongkok (One-China Policy). Xi bahkan mengatakan China siap mengambil tindakan tegas jika Pelosi benar mengunjungi Taiwan.

"Mereka yang bermain api akan binasa karenanya," ujar Xi Jinping memperingatkan Presiden AS, yang dikutip dari Reuters.

Baca juga: Donald Trump Hingga Tokoh Rusia Peringatkan Nancy Pelosi Agar Tak Kunjungi Taiwan

Biden mengatakan kepada Xi, kebijakan AS mengenai Taiwan tidak akan berubah dan Washington menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan keamanan di Selat Taiwan.

Sedangkan Perdana Menteri Taiwan, Su Tseng-chang tidak secara langsung menanggapi pertanyaan mengenai kemungkinan kunjungan Pelosi ke Taiwan di tengah meningkatnya spekulasi mengenai kabar tersebut.

"Kami selalu menyambut hangat kunjungan tamu asing yang terhormat ke negara kami," katanya kepada wartawan.

Tur kunjungan Nancy Pelosi ke Asia terjadi saat suasana politik di China dan AS sedang memanas.

Xi Jinping, dari Partai Komunis yang berkuasa di China, diperkirakan akan mengamankan kursi kepemimpinannya untuk ketiga kalinya pada akhir tahun ini.

Baca juga: Kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Asia Diiringi Kecaman dan Latihan Militer China

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas