Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BREAKING NEWS : Ketua DPR AS Nancy Pelosi Diyakini Telah Mendarat di Taiwan

Pesawat yang diduga ditumpangi Nancy Pelosi telah mendarat di Bandara Internasional Taipei Selasa (2/8/2022) malam waktu setempat.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in BREAKING NEWS : Ketua DPR AS Nancy Pelosi Diyakini Telah Mendarat di Taiwan
EPA/BBC
Ketua Kongres Amerika Serikat Nancy Pelosi. Bloomberg menyebutkan, Indonesia termasuk dalam agenda negara yang akan dikunjungi Nancy Pelosi selama melakukan tour kunjungan ke wilayah Asia Agustus ini. 

TRIBUNNEWS.COM, TAIPEI – Sebuah pesawat berkelir biru putih yang diduga kuat berisi Ketua DPR AS Nancy Pelosi, mendarat di Bandara Internasional Taipei, Selasa (2/8/2022) malam waktu Taipei.

Rekaman video yang dibagikan di kanal Telegram Sputniknews, dan tertera kantor berita Ria Novosti, memperlhatkan detik-detik saat pesawat mendarat di kegelapan malam.

Pendaratan di landas pacu Bandara Taipei diterangi lampu pesawat yang ada di bawah moncong dan dekat roda pesawat tersebut.  

Belum ada penjelasan resmi dari pihak AS maupun Taiwan terkait kedatangan Nancy Pelosi di Taiwan.

China memprotes keras perjalanan pejabat tertinggi ketiga di AS itu ke pulau yang dianggap bagian provinsi China daratan.

Acara di Kualalumpur

Sebelum singgah di Taiwan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan rombongan Kongres AS bertamu ke Kualalumpur, Malaysia, Selasa (2/8/2022) pagi.

BERITA TERKAIT

Di ibu  kota Malaysia ini, Nancy Pelosi ditemui Perdana Menteri Ismail Sabri Yaakob dan rekannya di legislatif Malaysia Azhar Azizan Harun. Informasi ini dilaporkan kantor berita Bernama.

Kekhawatiran di Selasa pagi hingga sore semakin meningkat Pelosi akan berbelok singgah ke Taiwan, sebelum menuju Jepang atau Korea Selatan.

China menggelar latihan tempur di perairan xekat Selat Taiwan. Sementara militer Taiwan pun meningkatkan kesiapan tempurnya mulai Selasa ini.

Perkembangan ini dilaporkan Central News Agency (CNA) dan Sputniknews, mengutip sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Menurut outlet berita Taiwan, militer dijadwalkan untuk memulai latihan pada pukul 8 pagi waktu setempat (01:00 GMT) pada 2 Agustus.

Latihan dilanjutkan pukul 12 malam pada 4 Agustus, menyesuaikan semua gerakan tergantung pada tindakan Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA).

Saat ini Tentara Pembebasan Rakyat China menggelar latihan militer di Provinsi Fujian di seberang Selat Taiwan sekaligus menutup wilayah maritim yang ditentukan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas