Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

27 Pesawat Tempur China Masuki Zona Pertahanan Udara Taiwan

Setelah kunjungan ketua DPR AS, Nancy Pelosi ke Taipei, China menerbangkan 27 pesawat tempur China buatan Rusia ke zona pertahanan udara Taiwan.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Daryono
zoom-in 27 Pesawat Tempur China Masuki Zona Pertahanan Udara Taiwan
AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV
(Ilustrasi) Jet tempur MiG-29SMT Rusia membentuk simbol "Z" untuk mendukung aksi militer Rusia di Ukraina. - 27 pesawat tempur China terbang ke zona pertahanan udara Taiwan.(Kirill KUDRYAVTSEV/AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Puluhan pesawat tempur China memasuki zona pertahanan udara Taiwan atau ADIZ, Rabu (3/8/2022).

Peluncuran 27 pesawat tempur China dilakukan tak lama setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS), Nancy Pelosi ke Taiwan.

Kunjungan diplomatik Pelosi ke Taipei telah membuat marah Beijing dan menimbulkan ancaman pembalasan militer.

Secara total, 27 pesawat tempur termasuk 16 jet Su-30 buatan Rusia menyeberang ke zona tersebut, yang mendorong tindakan defensif dari Taipei.

Serangan itu terjadi di tengah latihan perang besar-besaran China yang berlangsung hingga Minggu, yang akan mengepung pulau itu dalam blokade efektif dan menyeberang ke perairan teritorial Taiwan.

Tetapi para jenderal Taipei telah menentang ancaman tersebut, dengan mengatakan bahwa mereka tidak mencari pertarungan dengan China.

Baca juga: Nancy Pelosi tiba di Taipei, konflik China dan Taiwan kembali panas, seimbangkah kekuatan militer keduanya?

Meski begitu, dia mengatakan bahwa Taipei juga tidak akan menghindar dari China.

BERITA TERKAIT

"Kami bertekad untuk menegakkan kedaulatan, kebebasan, dan demokrasi kami," kata mereka, sebagaimana dilansir Daily Mail.

"Kami tidak takut akan ancaman atau tantangan. Kami tidak ingin berkelahi, kami juga tidak akan menghindar darinya."

"Kami memiliki kapasitas dan keinginan untuk menjunjung tinggi kebebasan dan demokrasi kami yang berharga, dan menjaga stabilitas kawasan kami," tambah para jenderal.

Sementara itu, G7 mengutuk latihan militer yang diumumkan oleh China di sekitar pulau itu.

Selebaran ini diambil dan dirilis oleh Kantor Kepresidenan Taiwan pada 3 Agustus 2022 menunjukkan Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) melambai di samping Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Kantor Kepresidenan di Taipei. (Photo by Handout / Taiwan Presidential Office / AFP)
Selebaran ini diambil dan dirilis oleh Kantor Kepresidenan Taiwan pada 3 Agustus 2022 menunjukkan Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) melambai di samping Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Kantor Kepresidenan di Taipei. (Photo by Handout / Taiwan Presidential Office / AFP) (AFP/HANDOUT)

"Tidak ada pembenaran untuk menggunakan kunjungan sebagai dalih untuk aktivitas militer agresif di Selat Taiwan," kata G7.

Presiden China, Xi Jinping bereaksi keras terhadap kunjungan Pelosi, politisi AS paling senior yang pergi ke Taiwan dalam 25 tahun terakhir, yang terjadi beberapa minggu sebelum dia akan mengambil masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai pemimpin China di Kongres Partai.

Matthew Henderson, rekan rekanan di Council on Geostrategy, mengatakan kepada MailOnline: "Xi telah membuat 'penyatuan kembali' dengan Taiwan tujuan pilihannya dan warisan yang diharapkan sebagai pemimpin terbesar China sejak Mao."

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas