Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tak Cukup Beri Sanksi ke Nancy Pelosi, China Juga Batalkan Sejumlah Agenda dan Kerja Sama dengan AS

China tangguhkan sejumlah agenda dan kerja sama dengan AS, buntut kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan. China juga akan jatuhkan sanksi kepada Pelosi.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Miftah
zoom-in Tak Cukup Beri Sanksi ke Nancy Pelosi, China Juga Batalkan Sejumlah Agenda dan Kerja Sama dengan AS
AFP/HANDOUT
Selebaran ini diambil dan dirilis oleh Kantor Kepresidenan Taiwan pada 3 Agustus 2022 menunjukkan Ketua DPR AS Nancy Pelosi berbicara, saat Presiden Taiwan Tsai Ing-wen (kanan) mendengarkan, di Kantor Kepresidenan di Taipei. China tangguhkan sejumlah agenda dan kerja sama dengan AS, buntut kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan. China juga akan jatuhkan sanksi kepada Pelosi. 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah China mengumumkan akan menjatuhkan sanksi ke Nancy Pelosi, Kementerian Luar Negeri China juga mengumumkan untuk membatalkan agenda dan kerja sama dengan Amerika Serikat, sebagai tanggapan atas kunjungan ketua DPR AS itu ke Taiwan.

Dilaporkan CNN.com, China membatalkan agenda pembicaraan telepon dan meeting antar para pemimpin pertahanan, yang jadwalnya belum diumumkan.

China juga membatalkan pertemuan angkatan laut yang merupakan bagian dari program konsultasi maritim militer China-AS.

Tak sampai di situ, China juga menangguhkan kerja sama dalam pemulangan imigran ilegal, bantuan hukum untuk masalah kriminal dan memerangi kejahatan transnasional, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Hua Chunying dalam briefing Jumat (5/8/2022).

China menangguhkan kerja sama anti-narkoba dengan AS, yang telah tegang dalam beberapa tahun terakhir.

AS menyalahkan China karena gagal menghentikan opioid sintetis masuk ke AS karena Beijing dan Washington tidak setuju tentang bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Baca juga: China Panggil Diplomat Eropa yang Memprotes Latihan Militer Tiongkok di Selat Taiwan

Kementerian Luar Negeri China juga mengatakan akan menangguhkan pembicaraan perubahan iklim, bidang kerja sama utama meskipun ketegangan meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

BERITA TERKAIT

Nancy Pelosi Dikenai Sanksi China

Langkah pembatalan itu diputuskan setelah Beijing mengumumkan akan memberikan sanksi kepada Nancy Pelosi dan keluarga dekatnya atas kunjungan ke Taiwan.

Jumat pagi, Kementerian Luar Negeri China mengutuk Pelosi atas apa yang digambarkannya sebagai "tindakan keji dan provokatif."

China mengatakan perjalanan Pelosi ke Taiwan sama saja dengan "secara serius mencampuri urusan dalam negeri China."

"Ketua DPR AS Nancy Pelosi bersikeras mengunjungi Taiwan dengan mengabaikan keprihatinan serius dan oposisi tegas China, secara serius mencampuri urusan dalam negeri China, secara serius merusak kedaulatan dan integritas teritorial China, secara serius menginjak-injak prinsip satu-China, dan secara serius mengancam perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata pernyataan Kementerian Luar Negeri China, Jumat.

"Menanggapi tindakan kejam dan provokatif Pelosi, China telah memutuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada Pelosi dan keluarga dekatnya."

Selebaran ini diambil dan dirilis oleh Kantor Kepresidenan Taiwan pada 3 Agustus 2022 menunjukkan Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) melambai di samping Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Kantor Kepresidenan di Taipei. (Photo by Handout / Taiwan Presidential Office / AFP)
Selebaran ini diambil dan dirilis oleh Kantor Kepresidenan Taiwan pada 3 Agustus 2022 menunjukkan Ketua DPR AS Nancy Pelosi (kiri) melambai di samping Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Kantor Kepresidenan di Taipei. (Photo by Handout / Taiwan Presidential Office / AFP) (AFP/HANDOUT)

Kunjungan Pelosi ke Taiwan pada hari Rabu, ketika dia bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan para pemimpin lainnya, telah membuat marah Partai Komunis China.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas