Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia Klaim Tewaskan 100 Tentara Bayaran Asal Polandia dan Jerman di Kharkov

Rusia mengklaim telah menghancurkan markas tentara bayaran pro Ukraina di sebuah wilayah di Kharkov, Ukraina timur.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rusia Klaim Tewaskan 100 Tentara Bayaran Asal Polandia dan Jerman di Kharkov
pixabay
Ilustrasi. Rudal presisi tinggi Rusia hancurkan sasaran di Ukraina 

TRIBUNNEWS.COM – Rusia mengklaim telah menghancurkan markas tentara bayaran pro Ukraina di sebuah wilayah di Kharkov, Ukraina timur.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, serangan rudal berpresisi tinggi dari pasukan Vladimir Putin tersebut menyebabkan Ukraina kehilangan sekitar 160 tentara bayarannya.

"Lebih dari 100 militan dari Polandia serta Jerman tewas, dengan lebih dari 50 terluka," kata pernyataan itu, Senin (15/8/2022).

Dikatakan Angkatan Udara Rusia telah mencapai titik penempatan tentara bayaran di Wilayah Kharkov.

Serangan udara Rusia pada posisi tempur Brigade Mekanik ke-63 Ukraina di Wilayah Kherson mengakibatkan batalyon ke-105 dan ke-107 unit tersebut kehilangan lebih dari 160 pejuang.

Baca juga: Diduga Jadi Tentara Bayaran Ukraina, 5 Orang Eropa Diadili di Kota Donetsk

Sementara itu, serangan artileri terhadap posisi Brigade Mekanik Ukraina ke-66 di Republik Rakyat Donetsk (DPR) memusnahkan “lebih dari 70 persen personel di batalyon ketiga unit tersebut.”

Serangan presisi tinggi lainnya di dekat pemukiman Ugledar, Vodyanoye dan Dobrovolye, di DPR, yang dilakukan terhadap brigade Mekanis ke-53 dan Infanteri Chaser ke-68 menewaskan lebih dari 260 pejuang.

BERITA TERKAIT

Pada awal Agustus, kementerian mengklaim bahwa mereka telah melenyapkan “lebih dari 80 tentara bayaran asing dan 11 unit peralatan khusus,” yang merupakan bagian dari 'Legiun Internasional' Ukraina di tenggara Ukraina.

Sebelumnya, kementerian mengungkapkan bahwa sejak 24 Februari – hari Rusia memulai serangan militernya – lebih dari 7.100 tentara bayaran dari lebih dari 60 negara telah tiba di Ukraina.

Militer mengatakan bahwa mereka secara aktif memantau para pejuang dan spesialis asing, mencatat bahwa jumlah mereka telah dikurangi menjadi 2.190 pada awal Agustus.

Namun, pada bulan April, juru bicara Kementerian Pertahanan Igor Konashenkov menyatakan bahwa hal terbaik yang dapat diharapkan oleh tentara bayaran asing di Ukraina adalah “penjara jangka panjang.”

Pada bulan Juni, dia juga mencatat bahwa sementara ratusan orang terbunuh oleh senjata presisi jarak jauh Rusia “tak lama setelah kedatangan mereka,” sebagian besar pejuang asing tersingkir “karena tingkat pelatihan yang rendah dan kurangnya pengalaman tempur yang sebenarnya.”

Baca juga: Rusia Diklaim Sewa Pembunuh Bayaran Habisi Menhan Ukraina, Dijanjikan Upah Rp 2,228 Miliar

Mengenai korbannya sendiri, Moskow belum memperbarui jumlahnya sejak Maret, ketika melaporkan 1.351 personel militer tewas dan 3.825 terluka.

Rusia mengirim pasukan ke Ukraina pada 24 Februari, mengutip kegagalan Kiev untuk mengimplementasikan perjanjian Minsk, yang dirancang untuk memberikan status khusus wilayah Donetsk dan Lugansk di dalam negara Ukraina.

Protokol, yang ditengahi oleh Jerman dan Prancis, pertama kali ditandatangani pada 2014. Mantan Presiden Ukraina Pyotr Poroshenko sejak itu mengakui bahwa tujuan utama Kiev adalah menggunakan gencatan senjata untuk mengulur waktu dan “menciptakan angkatan bersenjata yang kuat.”

Pada Februari 2022, Kremlin mengakui republik Donbass sebagai negara merdeka dan menuntut agar Ukraina secara resmi menyatakan dirinya sebagai negara netral yang tidak akan pernah bergabung dengan blok militer Barat mana pun. Kiev menegaskan serangan Rusia benar-benar tidak beralasan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas