Tribun

KTT G20 Bali

Jokowi Sebut Vladimir Putin dan Xi Jinping akan Hadiri KTT G20 Bali

Dalam wawancaranya, Presiden Jokowi mengatakan Vladimir Putin dan Xi Jinping mengatakan akan hadir di KTT G20 di Bali pada November mendatang.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Jokowi Sebut Vladimir Putin dan Xi Jinping akan Hadiri KTT G20 Bali
Kolase Foto Tribunnews
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping. - Dalam wawancaranya, Presiden Jokowi mengatakan Vladimir Putin dan Xi Jinping mengatakan akan hadir di KTT G20 di Bali pada November mendatang. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden China Xi Jinping akan menghadiri KTT G20 di Bali.

Kabar ini diungkapkan Jokowi dalam sebuah wawancara dengan Pemimpin Redaksi Bloomberg News, John Micklethwait, pada Kamis (18/8/2022) kemarin.

"Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang," kata Jokowi, dikutip dari BBC

Konfirmasi soal kehadiran Jinping dan Putin juga disampaikan Gubernur Lemhannas, Andi Widjajanto, pada Jumat (19/8/2022) ini.

"Presiden Jokowi mengatakan kepada saya bahwa Xi dan Putin sama-sama berencana untuk hadir di Bali," kata Widjajanto kepada Reuters

Kabar ini sekaligus menjadi konfirmasi pertama bahwa kedua pemimpin tersebut akan menghadiri KTT G20 pada November mendatang.

Baca juga: Vladimir Putin dan Joe Biden Sampaikan Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

Acara ini akan menjadi pertemuan puncak global pertama sejak invasi Rusia ke Ukraina dan ketegangan China-Taiwan belakangan ini.

Hadirnya Xi Jinping, akan menjadi kali pertamanya meninggalkan China sejak lockdown pertama Covid-19 pada Januari 2020.

China mempertahankan kebijakan nol-Covid dengan cara menutup semua perbatasannya untuk perjalanan internasional.

Sejak itu, Xi melakukan perjalanan satu-satunya ke luar daratan China pada 30 Juni untuk mengunjungi Hong Kong saat peringatan 25 tahun penyerahan wilayah itu dari kendali Inggris.

KTT G20 juga jadi acara yang dinanti dengan kemungkinan Presiden AS Joe Biden akan bertemu langsung dengan Presiden Vladimir Putin.

Mengingat saat ini hubungan Moskow dengan AS dan sekutunya memanas karena invasi Rusia ke Ukraina.

Kehadiran Putin juga bisa membuatnya bertatap muka dengan Presiden Volodymyr Zelensky untuk pertama kalinya sejak invasi.

Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Pertemuan ini untuk melakukan pembicaraan terkait upaya perdamaian dengan Rusia. BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan empat mata dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, di Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). Pertemuan ini untuk melakukan pembicaraan terkait upaya perdamaian dengan Rusia. - Dalam wawancaranya, Presiden Jokowi mengatakan Vladimir Putin dan Xi Jinping mengatakan akan hadir di KTT G20 di Bali pada November mendatang. (BPMI Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Diketahui, Presiden Ukraina itu juga diundang untuk hadir dalam KTT.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas