Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Liz Truss Terpilih Jadi Perdana Menteri Inggris, Gantikan Boris Johnson

Menteri Luar Negeri Liz Truss telah terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris yang baru, menggantikan Boris Johnson.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Liz Truss Terpilih Jadi Perdana Menteri Inggris, Gantikan Boris Johnson
AFP
Pemimpin Partai Konservatif yang baru dan Perdana Menteri terpilih Inggris Liz Truss memberi isyarat saat dia menyampaikan pidato di sebuah acara untuk mengumumkan pemenang kontes kepemimpinan Partai Konservatif di pusat kota London pada 5 September 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Liz Truss telah ditunjuk sebagai pemimpin Partai Konservatif yang berkuasa, Senin (5/9/2022).

Truss mengambil alih kekuasaan sebagai perdana menteri Inggris berikutnya, menggantikan Boris Johnson.

Setelah berminggu-minggu kontes kepemimpinan, pada Senin (5/9/2022) Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris mengumumkan memilih Liz Truss sebagai pemimpin barunya, sekaligus perdana menteri baru Inggris.




Truss berhasil mengalahkan saingannya, Rishi Sunak, mantan menteri keuangan Inggris.

Johnson telah mengumumkan pengunduran dirinya pada bulan Juli 2022, setelah berbulan-bulan skandal.

Truss tidak secara otomatis menjadi perdana menteri pada hari Senin karena ritual menentukan bahwa perdana menteri yang akan keluar yakni Boris Johnson harus mengajukan pengunduran dirinya kepada Ratu Elizabeth II terlebih dahulu, baru kemudian menunjuk Truss.

Baca juga: Dianggap Berjasa, Ribuan Orang Tanda Tangani Petisi Agar Boris Johnson Jadi PM Ukraina

Johnson akan melakukan perjalanan ke Skotlandia untuk bertemu Ratu Elizabeth pada hari Selasa (6/9/2022) untuk secara resmi mengajukan pengunduran dirinya.

BERITA TERKAIT

Penggantinya akan mengikutinya dan diminta untuk membentuk pemerintahan.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membuat pernyataan di depan 10 Downing Street di pusat kota London pada 7 Juli 2022.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson membuat pernyataan di depan 10 Downing Street di pusat kota London pada 7 Juli 2022. (Daniel LEAL / AFP)

Dalam pidato kemenangan singkat pada pengumuman di aula konvensi pusat London, Truss mengatakan adalah suatu kehormatan bahwa dirinya terpilih setelah menjalani salah satu wawancara kerja terpanjang dalam sejarah.

Jonah Hull dari Al Jazeera, melaporkan dari London, mengatakan bahwa Truss menang tidak sebanyak yang diperkirakan oleh jajak pendapat sebelumnya.

“Dia meraih 57 persen suara yang memenuhi syarat di antara anggota Partai Konservatif. Rishi Sunak, mantan rektor bendahara, mendapat 42 persen,” katanya, dilansir Al Jazeera.

"Dia berjanji bahwa dia berkampanye sebagai Konservatif dan dia akan memerintah sebagai Konservatif, dia berjanji untuk memotong pajak, untuk menumbuhkan ekonomi, dia berjanji untuk menangani krisis energi," tambahnya.

Lama menjadi yang terdepan dalam perlombaan untuk menggantikan Johnson, Truss menjadi perdana menteri keempat Konservatif sejak pemilihan 2015.

Selama periode itu negara telah diterpa krisis ke krisis, dan sekarang menghadapi apa yang diperkirakan menjadi resesi panjang yang dipicu oleh inflasi yang meroket yang mencapai 10,1 persen pada Juli.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss berbicara selama Konferensi Musim Semi Partai Konservatif di Blackpool Winter Gardens di Blackpool, barat laut Inggris, pada 19 Maret 2022.
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss berbicara selama Konferensi Musim Semi Partai Konservatif di Blackpool Winter Gardens di Blackpool, barat laut Inggris, pada 19 Maret 2022. (AFP)
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas