Tribun

Afrika Selatan Kirim 4 Cheetah ke India dan Mozambik

Afsel kirim 4 chetah ke India dan Mozambik sebagai bagian dari upaya memperkenalkan kembali kucing berbintik yang khas.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Afrika Selatan Kirim 4 Cheetah ke India dan Mozambik
Lionel BONAVENTURE / AFP
Ilustrasi - Cheetah bermain dengan umpan di kandangnya di kebun binatang Safari Afrika di Plaisance du Touch, dekat Toulouse barat daya Prancis, selama pelatihan dalam perlombaan cheetah untuk melawan gaya hidup kucing besar yang tidak banyak bergerak, pada 7 Juli 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Afrika Selatan mengirim chetah ke India dan Mozambik sebagai bagian dari upaya memperkenalkan kembali kucing besar berbintik yang khas di daerah yang mulai berkurang.

Empat cheetah ditangkap di cagar alam Afrika Selatan kemudian dikirim menuju Mozambik pekan ini.

Cheetah tersebut menjalani karantina selama sekitar satu bulan sebelum diizinkan bepergian.

Dikutip Al Jazeera, para konservasionis sedang bersiap untuk menerbangkan 12 cheetah lagi.

Cheetah yang dikenal sebagai mamalia darat tercepat di dunia, akan dikirim ke India pada bulan Oktober mendatang.

Dibius sebelum diterbangkan

Seperti diberitakan, The Associated Press, cheetah dikirim ke Mozambik dibius dan dimasukkan ke dalam peti.

Baca juga: KLHK Lepas Liar 12 Satwa Endemik Papua di Hutan Adat Isyo

Cheetah bermain dengan umpan di kandangnya di kebun binatang Safari Afrika di Plaisance du Touch, dekat Toulouse barat daya Prancis, selama pelatihan dalam perlombaan cheetah untuk melawan gaya hidup kucing besar yang tidak banyak bergerak, pada 7 Juli 2022.
Cheetah bermain dengan umpan di kandangnya di kebun binatang Safari Afrika di Plaisance du Touch, dekat Toulouse barat daya Prancis, selama pelatihan dalam perlombaan cheetah untuk melawan gaya hidup kucing besar yang tidak banyak bergerak, pada 7 Juli 2022. (Lionel BONAVENTURE / AFP)

Dokter hewan satwa liar Andy Frasier mengatakan relokasi terbilang sulit bagi hewan tersebut.

“Ini adalah proses yang sangat menegangkan bagi kucing untuk berada di lingkungan boma [kandang ternak] karena mereka tidak punya tempat untuk pergi, sementara kami menembak mereka,” kata Frasier tentang menembak kucing dengan panah obat penenang.

“Kami perlu menggunakan dosis obat kami dengan sangat hati-hati dan memastikan bahwa kami memberi mereka cukup obat untuk membius mereka dengan aman,” katanya.

“Mereka telah bangun dengan baik di peti mereka dan mereka semua cukup santai sehingga kami senang mereka pergi dengan transportasi mereka,” katanya.

Frasier mengatakan tim sedang mempersiapkan relokasi cheetah yang lebih besar dan lebih menantang ke India yang akan mengharuskan kucing untuk menempuh jarak yang lebih jauh dengan berhenti di bandara komersial.

Cheetah itu akan dirawat dengan obat penenang yang bertahan selama tiga sampai lima hari selama perjalanan mereka, katanya.

Baca juga: KLHK Lepas Liar Harimau Sumatera Bernama Suro ke TN Gunung Leuser

Spesies cheetah India punah

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas