Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Serangan Ukraina Bikin Tentara Putin Kocar-kacir, Zelensky Klaim Bebaskan Kharkov Dari Rusia

Serangan bertubi-tubi yang dilakukan oleh pasukan Ukraina menyebabkan tentara Rusia kocar-kacir di wilayah Kherson timur.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Serangan Ukraina Bikin Tentara Putin Kocar-kacir, Zelensky Klaim Bebaskan Kharkov Dari Rusia
Media Sosial/TASS/RIA Novosti
Ilustrasi: Pasukan Ukraina menggempur Novaya Kakhovka, sebuah kota di wilayah Kherson Ukraina yang dikendalikan oleh pasukan Rusia. 

TRIBUNNEWS.COM – Serangan bertubi-tubi yang dilakukan oleh pasukan Ukraina menyebabkan tentara Rusia kocar-kacir di wilayah Kherson timur.

Presiden Ukraina Vladimir Zelensky pun mengklain telah memenangkan pertempuran di sekitar kota Kharkov.

Zelensky mengatakan, pihaknya telah menguasai sekitar 2.000 kilometer wilayah Kharkov dan telah mengusir pasukan Vladimir Putin.

“Pergerakan tentara kami berlanjut ke arah yang berbeda di depan. Sampai saat ini, sebagai bagian dari operasi aktif sejak awal September, sekitar 2.000 kilometer persegi wilayah kami telah dibebaskan,” katanya dalam pidato video pada Sabtu malam.

Baca juga: Usul Putin Dimakzulkan, Politisi Rusia Ini Diinterogasi Polisi dan Dijatuhi Denda

Sebelumnya pada hari itu, Kementerian Pertahanan Rusia mengakui penarikan pasukannya dari berbagai lokasi di seluruh wilayah Kharkov Ukraina.

Selama tiga hari terakhir, tentara yang ditempatkan di daerah itu telah "dikerahkan kembali" ke wilayah Republik Rakyat Donetsk, kata kementerian itu.

“Untuk mencapai tujuan operasi militer khusus, keputusan dibuat untuk mengumpulkan kembali pasukan di daerah Balakleya dan Izyum untuk membangun upaya ke arah Donetsk,” kata militer Rusia dalam sebuah pernyataan.

BERITA TERKAIT

Serangan Balik Besar-besaran

Russia Today melaporkan Militer Rusia dan pasukan sekutu Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk diperintahkan untuk meninggalkan kota Izyum pada hari Sabtu.

Itu terjadi ketika Ukraina dilaporkan melakukan operasi serangan balik besar-besaran, menggunakan senjata yang dipasok oleh pendukung Baratnya.

Izum, yang terletak di Sungai Seversky-Donets, sekitar 120 kilometer tenggara ibukota regional Kharkov, direbut oleh Rusia pada April setelah pertempuran sengit.

Koresponden saluran Rossiya 1 Ivan Poddubny menggambarkan penarikan itu sebagai tindakan yang diperlukan untuk mencegah pasukan Rusia dikepung.

Laporan telah muncul tentang pasukan Ukraina memasuki Kupyansk, yang telah berfungsi sebagai pusat logistik bagi pasukan Rusia, dan pertempuran pecah di pinggiran Krasny Liman.

Baca juga: Dikabarkan Tewas Dalam Serangan Bom Mobil, Pejabat Pro Rusia Ternyata Selamat

Retret itu kemudian dikonfirmasi oleh wakil menteri informasi Republik Donetsk Daniil Bezsonov, yang mengatakan: "Ya, kami meninggalkan Izyum dan beberapa pemukiman lain ke arah Kharkov."

Kementerian Pertahanan Rusia belum mengomentari situasi di wilayah Kharkov, tetapi menerbitkan video pada hari Sabtu tentang tenaga dan perangkat keras tambahan yang dikerahkan ke daerah tersebut.

Serangan Ukraina skala besar dengan menggunakan senjata yang dipasok Barat dimulai di Wilayah Kharkov pada hari Kamis setelah upaya Kiev untuk maju di daerah lain gagal.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada hari Jumat bahwa Ukraina telah melihat "beberapa keberhasilan" di wilayah Kharkov, menyebut perkembangan itu "sangat, sangat menggembirakan."

Meskipun mengakui beberapa kemunduran, para pejabat Rusia di lapangan bersikeras bahwa pasukan Kiev telah menderita korban "kolosal" selama kemajuan mereka.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas