Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peti Mati Ratu Elizabeth II Tiba di Edinburgh setelah Tempuh Perjalanan 6 Jam dari Kastil Balmoral

Peti mati mendiang Ratu Elizabeth II telah tiba di Istana Holyroodhouse di Edinburgh, Setelah menempuh perjalanan selama 6 jam dari Kastil Balmoral.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Peti Mati Ratu Elizabeth II Tiba di Edinburgh setelah Tempuh Perjalanan 6 Jam dari Kastil Balmoral
AFP/BEN STANSALL
Ratu Elizabeth II (Photo by Ben Stansall / AFP). Peti mati mendiang Ratu Elizabeth II telah tiba di Istana Holyroodhouse di Edinburgh, ibu kota Skotlandia, setelah menempuh perjalanan selama 6 jam dari Kastil Balmoral. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, EDINBURGH - Peti mati mendiang Ratu Elizabeth II telah tiba di Istana Holyroodhouse di Edinburgh, ibu kota Skotlandia, setelah menempuh perjalanan selama 6 jam dari Kastil Balmoral.

Kerumunan pelayat pun tampak berjajar di jalan-jalan desa dan kota, memberikan penghormatan kepada 'Raja' saat rombongannya melintasi Skotlandia pada perjalanan 8 hari pertama Ratu ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Dikutip dari laman CNN, Senin (12/9/2022), Raja terlama di Inggris ini meninggal pada Kamis lalu dalam usia 96 tahun di tanah miliknya di Balmoral Skotlandia.

Pemakamannya akan diadakan di London Inggris pada 19 September mendatang.

Pada pukul 10 pagi waktu setempat, peti matinya meninggalkan Balmoral, melakukan perjalanan melintasi banyak jalan di Skotlandia ke kediaman resmi keluarga Kerajaan Inggris di negara itu.

Arak-arakan melewati beberapa desa dan kota Aberdeen serta Dundee, sebelum menyusuri Royal Mile di Edinburgh.

BERITA TERKAIT

Kerumunan besar pun berkumpul di sepanjang trotoar Royal Mile, dengan beberapa orang berkemah menjelang acara penting itu.

Baca juga: Ratu Elizabeth II wafat, apa yang terjadi pada prangko, koin, uang kertas, dan paspor Inggris?

Seorang warga Skotlandia, Hilary Gemmell mengatakan bahwa dirinya berkendara selama satu setengah jam ke Edinburgh bersama ibunya karena ingin memberikan penghormatan kepada sang Ratu.

"Pada Kamis malam saya benar-benar meneteskan air mata. Saya merasa seperti kami kehilangan salah satu keluarga," kata Gemmell.

Peti mati itu tiba di halaman depan Istana Holyroodhouse sekitar pukul 16.20 waktu setempat, di mana ia disambut dengan penjaga kehormatan yang terdiri dari Resimen Kerajaan Skotlandia yang melakukan penghormatan kerajaan.

Peti mati sang Ratu pun akan dipindahkan ke Ruang Takhta istana, memberi staf rumah tangga kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir mereka kepada mendiang Raja terlama di Inggris itu, mirip dengan bagaimana peti mati ditempatkan di ruang dansa di Balmoral.

Baca juga: Catat Sejarah Inggris, Biaya Pemakaman Ratu Elizabeth II Lampaui Ratusan Miliar Rupiah

Pada hari Minggu pula, proklamasi publik kepada Raja Charles III berlangsung di Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara.

Raja Charles III, yang secara resmi dikukuhkan sebagai Raja baru Inggris selama upacara di Istana St. James pada Sabtu lalu, bertemu dengan para pemimpin agama dan Persemakmuran di pusat kota London pada Minggu sore.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas