Tribun

Badan Meteorologi Jepang Ingatkan Potensi Badai hingga Tanah Longsor Dampak Taifun 20 September 2022

Badan Meteorologi Jepang mengimbau masyarakat di Jepang untuk bersiaga terhadap potensi badai, gelombang tinggi dan tanah longsor.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Badan Meteorologi Jepang Ingatkan Potensi Badai hingga Tanah Longsor Dampak Taifun 20 September 2022
Foto NHK
Topan No. 14 diprediksi tiba di Okinawa Amami Sabtu (17/9/2022). Sementara tanggal 18 September mendekati Kyushu. Badan Meteorologi Jepang memberikan catatan kepada masyarakat di Jepang untuk bersiaga terhadap potensi badai, gelombang tinggi dan tanah longsor. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Taifun No. 14 yang sangat kuat diperkirakan akan tiba di Tokyo dan sekitarnya (Kanto) pada Selasa (20/9/2022) pekan depan.

"Saat ini taifun tersebut mempertahankan kekuatannya dan mendekati Okinawa/Amami pada tanggal 17 September besok dan Kyushu pada hari Minggu tanggal 18 Sptember 2022," papar Badan Meteorologi Jepang, Jumat (16/9/2022).

Pada Selasa (20/9/2022) mendatang, taifun diperkirakan menuju ke utara bahkan memasuki Kanto (Tokyo dan sekitarnya).

Badan Meteorologi Jepang memberikan catatan kepada masyarakat di Jepang untuk bersiaga terhadap potensi badai, gelombang tinggi dan tanah longsor.

Baca juga: Taifun Ganas Diperkirakan Mencapai Wilayah Fukuoka Jepang Selasa 6 September 2022

Masyarakat juga diimbau agar melakukan persiapan saat masih cerah pada tanggal 16 September ini, terutama di Okinawa/Amami, Kyushu, dan Shikoku.

Berbagai wilayah, termasuk Jepang timur dan utara, kemungkinan akan terpengaruh, terutama selama periode liburan Hari Lansia Nasional dimulai Sabtu (17/9/2022) besok sampai dengan Senin (19/9/2022) mendatang.

Topan akan mendekati Kyushu pada tanggal 18 September setelah mendekati Okinawa dan Amami.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, Taifun No. 14 yang besar dan sangat kuat bergerak ke barat dengan kecepatan 10 kilometer per jam di atas laut selatan Jepang pada pukul 9 pagi.

Tekanan pusat adalah 950 hectopascal, kecepatan angin maksimum di dekat pusat adalah 45 meter, kecepatan angin sesaat maksimum adalah 60 meter, dan kecepatan angin 25 meter atau lebih bertiup dalam radius 150 kilometer dari pusat.

Taifun berkembang menjadi kekuatan yang sangat kuat pada pagi hari tanggal 16 September ini, mendekati wilayah Daitojima di Prefektur Okinawa dan wilayah Amami di Prefektur Kagoshima pada tanggal 17 September, dan diperkirakan akan mendekati Kyushu pada tanggal 18 September.

Setelah itu, akan bergerak ke timur dan utara Jepang sekitar Selasa, 20 minggu depan, dan ada risiko akan mempengaruhi wilayah yang luas termasuk Kanto (Tokyo dan sekitarnya).

Angin yang sangat kencang diperkirakan akan bertiup di Prefektur Okinawa mulai malam tanggal 16 September dan angin kencang diperkirakan akan bertiup di Prefektur Okinawa, wilayah Amami, dan Kyushu selatan pada tanggal 17 September.

Khususnya di bagian selatan Kyushu, kondisi atmosfer menjadi sangat tidak stabil mulai malam tanggal 16 September dan ada risiko hujan lokal yang sangat lebat disertai dengan guntur dan hujan lebat.

Baca juga: Taifun No.9 Diperkirakan Akan Memasuki Tokyo Jepang Senin 9 Agustus 2021

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas