Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dapat Warisan, Berapa Banyak Kekayaan Bersih Raja Charles III?

Setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, Raja Charles III mewarisi 500 juta dolar Amerika Serikat (AS) dari ibunya, serta sejumlah besar tanah.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Dapat Warisan, Berapa Banyak Kekayaan Bersih Raja Charles III?
Promipool
Raja Charles III berdiri di samping peti mati Ratu Elizabeth II. Setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, Raja Charles III mewarisi 500 juta dolar Amerika Serikat (AS) dari ibunya, serta sejumlah besar tanah. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Setelah kematian ibunya, Ratu Elizabeth II, Raja Charles III mewarisi 500 juta dolar Amerika Serikat (AS) dari ibunya, serta sejumlah besar tanah, istana dan perkebunan lainnya, permata langka dicuri dan sebuah paddock serta properti pribadi lain.

Sebagai Raja, kemungkinan ia mewarisi kekayaan itu tanpa pajak.

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diketahui tentang Protes Anti-Monarki Inggris, Tak Semua Menyukai Raja Charles III




Raja Charles III juga bertanggung jawab untuk mengawasi portofolio Ratu senilai 42 miliar dolar AS yang disimpan dalam kepercayaan untuk bangsa dan juga penerus keluarga kerajaan.

Namun portofolio ini tidak akan pernah benar-benar menjadi miliknya.

Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (19/9/2022), sebagian besar portofolio terdiri dari real estate termasuk Crown Estate senilai 17,5 miliar dolar AS yang 'memiliki' Ascot Racecourse yang terletak di Berkshire dan area perbelanjaan Regent Street London, yang merupakan jalan perbelanjaan utama di West End London dan terdiri dari toko-toko 'mahal'.

Di sisi lain, Surat wasiat sang Ratu akan dikunci selama 90 tahun dari mata publik yang hanya bisa menebak kekayaan macam apa yang dikumpulkan oleh mendiang Raja terlama yang memimpin Inggris itu.

Baca juga: Raja Charles III Pecat 100 Staf Clarence House Saat Upacara Penghormatan untuk Ratu Elizabeth II

BERITA TERKAIT

Perlu diketahu, praktik menyegel surat wasiat bangsawan ini dimulai pada tahun 1910.

Saat ini ada lebih dari 30 surat wasiat yang disimpan di brankas di lokasi rahasia di London.

Raja Inggris Charles III menandatangani sumpah untuk menegakkan keamanan Gereja di Skotlandia, selama pertemuan Dewan Aksesi di dalam Istana St James di London pada 10 September 2022, untuk menyatakan dirinya sebagai Raja baru.
Raja Inggris Charles III menandatangani sumpah untuk menegakkan keamanan Gereja di Skotlandia, selama pertemuan Dewan Aksesi di dalam Istana St James di London pada 10 September 2022, untuk menyatakan dirinya sebagai Raja baru. (VICTORIA JONES / POOL / AFP)

Kendati demikian, Raja Charles III bagaimanapun juga telah mewarisi perkebunan pribadi milik sang Ratu, termasuk istananya di Balmoral Skotlandia, serta tanah miliknya di Sandringham di Inggris timur.

"Surat wasiat kerajaan disegel, jadi kami tidak bisa melihat dokumen-dokumen itu untuk panduan. Saya pikir sangat mungkin bahwa Ratu telah mengikuti jejak neneknya Ratu Mary dan ibunya, Ratu Elizabeth dan mewariskan semua perhiasannya langsung kepada Raja baru, Raja Charles III. Ada manfaat historis dan perpajakan terkait dengan metode pewarisan ini," kata Penulis dan Editor The Court Jeweller, Lauren Kiehna.

Baca juga: Ratusan Karyawan Terancam Terkena PHK Usai Raja Charles III Naik Tahta, Ini Penyebabnya

Sang Raja juga akan mewarisi koleksi pribadinya berupa perhiasan, seni, perangko langka, dan properti pribadi lainnya milik Ratu Elizabeth II.

Terkait koleksi mahkota, tiara dan permatanya yang tak ternilai, sebenarnya merupakan bagian dari perhiasan yang dicuri dari negara-negara yang telah dijajah Inggris.

Diantara permata yang dicuri adalah berlian Kohinoor, berlian besar 105 karat senilai 592 juta dolar AS yang telah dikenakan di mahkota ratu selama beberapa generasi sejak kali pertama dibawa ke Ratu Victoria dari generai Punjabi India.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas