Tribun

Kaisar dan Permaisuri Jepang Tidak Hadir Pada Upacara Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Shinzo Abe

Pangeran Akishino dan istrinya, akan menghadiri pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe pada tanggal 27 September 2022.

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kaisar dan Permaisuri Jepang Tidak Hadir Pada Upacara Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Shinzo Abe
Foto Kunaicho
Putri Kiko atau Kawashima Kiko merayakan hari ulang tahunnya yang ke-56, Minggu (11/9/2022) hari ini. Putri Kiko adalah istri dari Fumihito (Putra Mahkota Akishino/Akishinomiya), putra kedua dari Kaisar Akihito, atau Adik Kaisar Jepang  Naruhiro saat ini. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang telah mengumumkan bahwa tujuh anggota Keluarga Kekaisaran, termasuk Pangeran Akishino (Adik Kaisar Naruhito) dan istrinya, akan menghadiri pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe pada tanggal 27 September 2022.

Sedangkan kaisar dan Permaisuri serta Kaisar Kehormatan (Emeritus) serta Permaisuri Emeritus tidak hadir pada upacara pemakaman kenegaraan tersebut.

"Hal ini biasa, juga terjadi pada upacara pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shigeru Yoshida dulu," papar sumber Tribunnews.com Rabu (21/9/2022).

Pada pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Shigeru Yoshida pada tahun 1967, Kaisar Showa dan Permaisuri  mengirim utusan dan tidak hadir. Sembilan anggota keluarga Kekaisaran, termasuk Putra Mahkota dan Putri pada saat itu, semuanya hadir.

Yang Mulia Kaisar dan Permaisuri, serta Permaisuri Emerita dan istrinya, biasanya tidak hadir dan mengirimkan utusannya untuk hadir.

Menurut Badan Rumah Tangga Kekaisaran, Kaisar dan Permaisuri tidak akan menghadiri pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe pada tanggal 27 bulan ini.

Tujuh anggota Keluarga Kekaisaran yang menghadiri upacara tersebut adalah Pangeran Akishino dan istrinya, putri kedua mereka Kako, Putri Tomohito Putri Nobuko dan putri sulungnya Akiko, dan Puteri Pangeran Takamado Putri Hisako dan putri sulungnya Tsuguko.

Badan Rumah Tangga Kekaisaran menerima surat dari Perdana Menteri Kishida, ketua Komite Pemakaman, yang meminta kehadiran anggota keluarga kekaisaran pada tanggal 22 Juli 2022, saat di mana Kabinet memutuskan untuk mengadakan pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Abe. 

Sejak 22 Juli itu barulah hari ini (21/9/2022) keputusan dan diumumkan oleh badan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang (Kunaicho).

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas