Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sekitar 200 Ikan Paus Pilot Mati Terdampar di Pantai Australia

200 paus pilot ditemukan tewas setelah terdampar di pantai barat Tasmania, Australia. Diketahui, dari 230 ikan paus ada 35 yang masih hidup.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Sekitar 200 Ikan Paus Pilot Mati Terdampar di Pantai Australia
HANDOUT / AFP / Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania
Foto selebaran ini diambil pada 20 September 2022 dan diterima pada 21 September dari Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania menunjukkan bangkai paus pilot yang terdampar di Pelabuhan Macquarie, di Tasmania. 

TRIBUNNEWS.COM - Sekitar 200 paus pilot tewas setelah terdampar di pantai terbuka yang disapu ombak di pantai barat Tasmania, kata tim penyelamat Australia, Kamis (22/9/2022).

Manajer Operasi Layanan Satwa Liar negara bagian itu, Brendon Clark mengatakan, hanya 35 dari sekitar 230 paus yang ditemukan di pantai sehari sebelumnya masih hidup.

Dikutip France24, gambar udara mengungkapkan lusinan mamalia hitam itu berserakan di Ocean Beach.

"Kami memiliki sekitar 35 hewan yang masih hidup di pantai dan fokus utama pagi ini adalah penyelamatan dan pelepasan hewan-hewan ini," kata Clark.

"Sayangnya kami memiliki tingkat kematian yang tinggi pada kasus mamalia terdampar ini. Terutama karena kondisi terbuka di Ocean Beach," tambahnya.

"Kondisi lingkungan, ombak di luar sana di pantai barat yang terbuka, Ocean Beach, tentu saja merugikan hewan."

Baca juga: Prancis Selamatkan Ikan Paus Beluga yang Terdampar di Sungai Seine

Ikan Paus Pilot
Foto selebaran ini diambil pada 20 September 2022 dan diterima pada 21 September dari Departemen Sumber Daya Alam dan Lingkungan Tasmania menunjukkan bangkai paus pilot yang terdampar di Pelabuhan Macquarie, di Tasmania.

Penduduk sirami paus dengan seember air

BERITA TERKAIT

Penduduk setempat menutupi paus dengan selimut dan menyiramnya dengan seember air agar mereka tetap hidup setelah ditemukan di pantai.

Dua tahun lalu di dekat Pelabuhan Macquarie adalah tempat terdampar massal terbesar di negara itu, yang melibatkan hampir 500 paus pilot.

Lebih dari 300 paus pilot mati selama terdampar itu, terlepas dari upaya puluhan sukarelawan yang bekerja keras selama berhari-hari di perairan Tasmania untuk membebaskan mereka.

Clark mengatakan kondisi terdampar terakhir lebih sulit bagi paus daripada dua tahun lalu, ketika hewan-hewan itu berada di "perairan yang jauh lebih terlindung".

Sinyal marabahaya

Tim penyelamat telah melakukan triase pada paus yang terdampar terakhir untuk mengidentifikasi mereka yang memiliki peluang terbaik untuk bertahan hidup, katanya.

"Fokus hari ini adalah pada operasi penyelamatan dan pelepasan."

Baca juga: Ikan Paus di Jepang pun Menggosok Gigi Mulai Hari Rabu Ini

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas