Tribun

Konflik Rusia Vs Ukraina

Antrean Panjang Orang Rusia Ingin Kabur, hingga Ramai di Media Sosial Cara Melarikan Diri dari Rusia

Arus warga yang ingin keluar dari Rusia meningkat, seusai Putin mengumumkan mobilsasi parsial dalam eskalasi perang di Ukraina.

Penulis: garudea prabawati
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
zoom-in Antrean Panjang Orang Rusia Ingin Kabur, hingga Ramai di Media Sosial Cara Melarikan Diri dari Rusia
AFP/ALEXANDER NEMENOV
Petugas polisi menahan seorang wanita di Moskow pada 21 September 2022, menyusul seruan untuk memprotes mobilisasi parsial yang diumumkan oleh Presiden Vladimir Putin. - Presiden Vladimir Putin memanggil pasukan cadangan militer Rusia pada 21 September, mengatakan janjinya untuk menggunakan semua sarana militer di Ukraina "bukan gertakan", dan mengisyaratkan bahwa Moskow siap menggunakan senjata nuklir. Seruan mobilisasinya datang ketika wilayah Ukraina yang dikuasai Moskow bersiap untuk mengadakan referendum pencaplokan minggu ini, secara dramatis meningkatkan taruhan dalam konflik tujuh bulan dengan mengizinkan Moskow untuk menuduh Ukraina menyerang wilayah Rusia. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi parsial, arus massa yang ingin keluar dari Rusia semakin meningkat.

Dilaporkan antrean panjang kendaraan terus terbentuk di penyeberangan perbatasan Rusia pada hari kedua mobilisasi militer Vladimir Putin.

Bahkan beberapa orang menunggu lebih dari 24 jam karena para pemimpin barat tidak setuju apakah Eropa harus menyambut mereka yang melarikan diri dari panggilan untuk berperang di Ukraina.

Keputusan Presiden Rusia untuk mengumumkan mobilisasi pertama sejak Perang Dunia Kedua telah menyebabkan gaduh di negara tersebut.

Banyak pria yang masuk usia militer buru-buru meninggalkan Rusia.

Seorang saksi mata di perbatasan dengan Georgia, mengatakan beberapa pria terpaksa menggunakan sepeda dan skuter untuk melewati antrean panjang kemacetan lalu lintas.

Baca juga: Rusia Segera Gelar Referendum di Empat Wilayah Ukraina yang Sudah Dikuasai

Diketahui Georgia merupakan rute populer yang digunakan oleh orang Rusia untuk meninggalkan negara tersebut, dikutip dari The Guardian, Jumat (23/9/2022).

“Saya sudah menunggu di mobil saya sejak Kamis sore,” kata Anton, yang menolak menyebutkan nama keluarganya atau nama belakangnya karena khawatir akan mempersulit perjalanannya.

“Semua orang khawatir bahwa perbatasan akan ditutup pada saat kita mendekatinya,” tambahnya.

Biasanya, penyeberangan perbatasan yang sepi ke Kazakhstan dan Mongolia, juga telah diliputi oleh gelombang tiba-tiba orang Rusia yang mencari jalan keluar.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas