Tribun

Virus Corona

Mulai 11 Oktober 2022 Warga Asing termasuk Indonesia Diizinkan Masuk Jepang, Tak Ada Lagi Pembatasan

Mulai 11 Oktober 2022 mendatang Pemerintah Jepang mengizinkan warga negara asing untuk memasuki Negeri Sakura.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Mulai 11 Oktober 2022 Warga Asing termasuk Indonesia Diizinkan Masuk Jepang, Tak Ada Lagi Pembatasan
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Bandara Haneda, Tokyo, Jepang. Mulai 11 Oktober 2022 mendatang Pemerintah Jepang mengizinkan warga negara asing untuk memasuki Negeri Sakura itu. Tidak ada lagi pembatasan maupun aturan terkait masuknya warga asing. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mulai 11 Oktober 2022 mendatang Pemerintah Jepang mengizinkan warga negara asing untuk memasuki Negeri Sakura itu.

Tidak ada lagi pembatasan maupun aturan terkait masuknya warga asing seperti saat Covid-19 mencapai puncaknya di Jepang beberapa waktu lalu.

"Batas atas 50.000 orang yang memasuki negara per hari akan dicabut, perolehan visa akan dibebaskan, dan perjalanan individu akan dilanjutkan seperti sebelum pandemi corona," ungkap PM Jepang, Fumio Kishida, Kamis (22/9/2022) malam waktu Jepang.

Untuk itu bersama kementerian urusan perekonomian Jepang, PM Fumio Kishida akan mengumpulkan para menterinya pada 30 September mendatang.

Baca juga: Pemerintah Longgarkan Aturan Pembatasan terkait Covid-19, Oktober Turis Asing Bebas Masuk Jepang

"Instruksi khusus kepada semua menteri kabinet pada tanggal 30 September akan merumuskan langkah-langkah ekonomi yang komprehensif," ujarnya.

Dengan pencabutan pembatasan ini, beberapa negara seperti Amerika Serikat dan lainnya, mulai 11 Oktober akan bebas masuk Jepang tanpa visa.

"Beberapa negara kembali bisa masuk Jepang bebas visa seperti warga Amerika dan bisa dilakukan secara pribadi bebas seperti dilakukan sebelum pandemi corona," papar sumber Tribunnews.com, Kamis (22/9/2022).

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

"Untuk Indonesia kami sedang pertimbangkan dengan serius, bagi pemegang visa Waiver pemegang e-paspor bisa masuk selama maksimal 15 hari bebas tanpa pengurusan visa lagi ke Jepang," lanjutnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas