Tribun

Badai Fiona Hantam Kanada, Aliran Listrik 500.000 Rumah Terputus

Badai Fiona melanda Kanada timur menyebabkan aliran listrik ke ribuan rumah terputus dan juga mengkibatkan atap rumah-rumah hancur.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Badai Fiona Hantam Kanada, Aliran Listrik 500.000 Rumah Terputus
AFP
Sebuah pohon bersandar pada kabel listrik dan sebuah rumah setelah Badai Tropis Fiona melanda pada 24 September 2022 di Sydney, Nova Scotia di Pulau Cape Breton di Kanada. Sebelumnya, Badai Fiona, badai tersebut adalah salah satu yang terkuat di Pantai Atlantik Kanada selama bertahun-tahun. Drew Angerer/Getty Images/AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Badai Fiona, yang diturunkan dari badai ke topan pasca-tropis, melanda Kanada timur pada hari Sabtu (24/9/2022).

Badai tersebut memutus aliran listrik ke ribuan rumah.

Badai Fiona menghantam daerah itu dengan angin kencang dan hujan yang mengakibatkan rumah terseret ke arah laut.

"(Badai) seperti tidak pernah kita lihat sebelumnya”, kata polisi.

Dua wanita tersapu ke laut di Newfoundland, Royal Canadian Mounted Police melaporkan.

Satu berhasil diselamatkan, tetapi satu lagi masih hilang.

Baca juga: Badai Fiona Lewati Bermuda, Kini Bergerak Menuju Kanada

Wali Kota Brian Button dari Channel-Port aux Basques, di ujung barat daya Newfoundland, mengatakan kepada CBC News bahwa kondisi di sana hancur total.

Dia menambahkan, badai telah menjadi lebih besar dan lebih buruk dari yang dibayangkan.

“Ini adalah angin kencang yang pernah dialami oleh siapa pun di komunitas ini. Beberapa rumah telah hanyut ke laut,” kata Rene Roy, editor surat kabar di Channel-Port aux Basques.

Mengutip Al Jazeera, hingga tengah hari, sekitar 500.000 rumah dibiarkan tanpa aliran listrik di seluruh wilayah saat badai menerjang area yang luas.

Pohon tumbang akibat Badai Tropis Fiona di Kanada
Kendaraan bernavigasi di sekitar pohon yang tumbang akibat Badai Tropis Fiona pada 24 September 2022 di East Bay, Nova Scotia di Pulau Cape Breton di Kanada. Sebelumnya Badai Fiona, badai ini adalah salah satu yang terkuat di Pantai Atlantik Kanada selama bertahun-tahun. Drew Angerer/Getty Images/AFP

Badai juga menumbangkan pohon yang tak terhitung jumlahnya dan menghancurkan atap dari bangunan.

“Saluran listrik mati di mana-mana,” Erica Fleck, asisten kepala Pemadam Kebakaran dan Darurat Regional Halifax, mengatakan kepada CBC.

"Tidak aman berada di jalan."

Meskipun diturunkan, Fiona masih membawa angin badai berkecepatan 130 km per jam saat meluncur ke Kanada setelah sebelumnya menghantam Karibia, menurut ahli meteorologi.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas