Tribun

Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Jarak Pendek ke Lepas Pantai Timur

Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak pendek ke perairan lepas pantai timur semenanjung Korea di daerah Taechon di Provinsi Pyongan Utara.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Korea Utara Tembakkan Rudal Balistik Jarak Pendek ke Lepas Pantai Timur
AFP/STR
Gambar ini diambil pada 11 Januari 2022 dan dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 12 Januari 2022 menunjukkan apa yang dikatakan Korea Utara tentang uji tembak rudal hipersonik yang dilakukan oleh Akademi Ilmu Pertahanan DPRK di sebuah tempat yang dirahasiakan. - Korea Utara menembakkan rudal balistik di lepas pantai timurnya. (Photo by KCNA VIA KNS / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara telah menembakkan rudal balistik jarak pendek ke perairan lepas pantai timur semenanjung Korea.

Demikian menurut pejabat di Korea Selatan dan Jepang.

Rudal jarak pendek itu ditembakkan Minggu (25/9/2022) pagi waktu setempat.

Rudal ditembakkan di daerah Taechon di Provinsi Pyongan Utara, menurut Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan.

Dikatakan, militer Korea Selatan dan Amerika Serikat mempertahankan posisi kesiapan penuh dan bekerja sama erat setelah peluncuran.

Rudal Korea Utara digambarkan sebagai "tindakan provokatif signifikan yang membahayakan perdamaian dan keamanan Semenanjung Korea serta komunitas internasional."

JCS mengatakan peluncuran itu merupakan "pelanggaran yang jelas" terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB dan meminta Korea Utara untuk segera berhenti.

Baca juga: Gertak Kim Jong Un, Kapal Induk Amerika Serikat Sambangi Pelabuhan Korea Selatan

Menurut hitungan CNN, itu adalah peluncuran rudal ke-19 tahun ini.

Adapun peluncuran rudal terakhir dilakukan pada 17 Agustus.

Rudal itu memiliki jarak terbang sekitar 600 kilometer, ketinggian 60 kilometer dan kecepatan sekitar Mach 5, menurut JCS.

Badan-badan intelijen Korea Selatan dan AS sedang menganalisis rincian lebih lanjut.

Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada mengatakan rudal balistik mungkin terbang pada lintasan yang tidak teratur.

Gambar ini diambil pada 24 Maret 2022 dan dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 25 Maret 2022 menunjukkan uji peluncuran dari apa yang dilaporkan media pemerintah sebuah rudal balistik antar benua (ICBM) tipe baru, Hwasongpho- 17 pasukan strategis Korea Utara di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara.
Gambar ini diambil pada 24 Maret 2022 dan dirilis dari Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 25 Maret 2022 menunjukkan uji peluncuran dari apa yang dilaporkan media pemerintah sebuah rudal balistik antar benua (ICBM) tipe baru, Hwasongpho- 17 pasukan strategis Korea Utara di lokasi yang dirahasiakan di Korea Utara. (STR / AFP / KCNA VIA KNS)

"Korea Utara diyakini telah meluncurkan setidaknya satu rudal, sekitar pukul 06:52 waktu setempat di Jepang atau 17:52 waktu timur Sabtu," kata Hamada.

Dia menambahkan rudal jatuh dekat pantai timur Korea Utara, di luar Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas