Tribun

Cuaca Ekstrem

Update Badai Ian di Florida: Atap ICU Rumah Sakit yang Tampung 160 Pasien Roboh

Atap ICU di Rumah Sakit HCA Florida Fawcett di Port Charlotte roboh terkoyak badai Ian yang menghantam wilayah itu pada Rabu (28/9/2022).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
zoom-in Update Badai Ian di Florida: Atap ICU Rumah Sakit yang Tampung 160 Pasien Roboh
CNN/Dr. Birgit Bodine/AP
Dalam foto yang disediakan oleh Dr. Birgit Bodine menunjukkan seorang anggota staf berdiri di lorong banjir di Rumah Sakit HCA Florida Fawcett di Port Charlotte, Florida, Rabu, 28 September. - Atap ICU di Rumah Sakit HCA Florida Fawcett di Port Charlotte roboh terkoyak badai Ian yang menghantam wilayah itu pada Rabu (28/9/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Rumah Sakit HCA Florida Fawcett di Port Charlotte menuturkan atap di atas ICU fasilitas tersebut terkoyak badai Ian.

"Sayangnya, hari ini kami memiliki sekitar 160 pasien di rumah sakit dan atap kami roboh," kata Dr Birgit Bodine mengatakan kepada Anderson Cooper dari CNN

"Jadi, tentu saja, kami mengalami hujan deras yang kemudian turun dari tangga, yang kemudian naik ke lantai lain, ” kata Bodine.

Staf bekerja sama untuk memindahkan pasien ke tempat yang aman.

Tetapi, mereka belum dapat mengungsi karena kondisi di luar.

Beberapa kamar yang dibangun untuk dua orang kini menampung tiga dan empat pasien.

“Ini sebenarnya cukup mengerikan. Saya sebenarnya masih di rumah sakit. Kami masih belum bisa pergi,” katanya.

Baca juga: Badai Ian Kategori 4 Mengarah ke Florida, Pusat Badai Nasional: Kondisi Memburuk dengan Cepat

Badai Ian RS hca florida
Dalam foto yang disediakan oleh Dr. Birgit Bodine menunjukkan seorang anggota staf berdiri di lorong banjir di Rumah Sakit HCA Florida Fawcett di Port Charlotte, Florida, Rabu, 28 September.

Pihak rumah sakit berharap bisa mengevakuasi pasien di pagi hari.

"Sementara AC tidak bekerja, rumah sakit menjalankan generator cadangan dan semua sistem vital lainnya bekerja," kata Bodine.

Lebih dari 2 juta pelanggan tanpa listrik di seluruh Florida

Berdasarkan data dari pelacak PowerOutage.us, lebih dari dua juta pelanggan energi berada dalam kegelapan, Rabu malam (28/9/2022).

Di wilayah barat daya yang paling parah dilanda, 10 kabupaten melaporkan bahwa lebih dari 50 persen pelanggan yang dilacak tidak memiliki listrik.

Delapan kabupaten lagi di Florida barat daya, tengah dan timur laut melaporkan lebih dari 10.000 pelanggan tidak memiliki listrik.

Hotspot Wi-Fi gratis

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas