Tribun

Kapal Terdampar dan Rumah Hancur Akibat Badai Ian di Florida, 15 Orang Dilaporkan Tewas

Badai Ian yang dahsyat menyapu negara bagian Florida AS. Akibatkan rumah hancur dan kapal-kapal terdampar hingga korban jiwa.

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Daryono
zoom-in Kapal Terdampar dan Rumah Hancur Akibat Badai Ian di Florida, 15 Orang Dilaporkan Tewas
AFP/GIORGIO VIERA
Koresponden Fox Weather Robert Ray mengambil foto kapal-kapal yang rusak akibat Badai Ian di Fort Myers, Florida, pada 29 September 2022. - Badai Ian meninggalkan sebagian besar pesisir barat daya Florida dalam kegelapan pada Kamis pagi, membawa banjir bencana yang membuat para pejabat bersiap-siap tanggap darurat yang sangat besar terhadap badai dengan intensitas yang jarang. Pusat Badai Nasional mengatakan mata badai sangat berbahaya mendarat tepat setelah pukul 15:00 (1900 GMT) di pulau penghalang Cayo Costa, sebelah barat kota Fort Myers. - Badai Ian yang dahsyat menyapu negara bagian Florida AS. Akibatkan rumah hancur dan kapal-kapal terdampar hingga korban jiwa. (Photo by Giorgio VIERA / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Badai Ian sejauh ini telah menewaskan setidaknya belasan orang di Florida dan merusak pemukiman.

Badai hebat itu mengakibatkan kehancuran di seluruh negara bagian Florida, Amerika Serikat.

Jaringan listrik lumpuh dan ratusan rumah tenggelam oleh air.

Dilansir The Sun dari laporan Tampa Bay Times, tercatat ada 13 korban jiwa per-Kamis (29/9/2022). 

Namun Tampa Bay dalam laporan terbarunya pada Jumat (30/9/2022), mengatakan setidaknya 15 kematian telah dikonfirmasi di beberapa wilayah yang berada di jalur Badai Ian, menurut pejabat.

Presiden AS, Joe Biden mengatakan badai ini bertanggung jawab atas "kehilangan nyawa yang substansial".

Baca juga: Berita Foto : Badai Ian Hantam Florida

Sementara itu, lumpuhnya jaringan listrik yang terjadi pada Kamis setelah badai, berdampak pada lebih dari 2,5 juta penduduk setempat.

Badai Kategori 4, Ian, membawa angin 150mph dan gelombang badai yang mematikan ke Florida, menurut National Hurricane Center.

Foto-foto yang beredar menunjukkan ratusan rumah menjadi puing-puing setelah tersapu badai.

Sejumlah perahu juga terdampar di pinggir pantai.

Dilansir Reuters, rekaman drone menunjukkan kerusakan akibat Badai Ian di kota Fort Myers di Pantai Teluk Florida pada Kamis (29/9/2022). 

Perahu-perahu terdampar dan dibiarkan tersangkut di antara gedung-gedung.

Badai Ian menghantam Pantai Teluk Florida pada hari Rabu, melepaskan angin menderu, hujan lebat dan gelombang ombak laut yang menjadikannya salah satu badai AS yang paling kuat dalam beberapa tahun terakhir.

Menerjang ke darat sebagai badai Kategori 4 dengan kecepatan angin hingga 150 mil per jam (241 kpj), Ian dengan cepat mengubah bentangan indah pantai berpasir dan kota-kota pesisir menjadi zona bencana yang dibanjiri oleh air laut.

Seorang pria berdiri di depan perahu yang dicuci setelah Badai Ian di Fort Myers, Florida pada 29 September 2022. - Badai Ian meninggalkan sebagian besar pesisir barat daya Florida dalam kegelapan pada Kamis pagi, membawa banjir bencana yang membuat para pejabat bersiap-siap tanggap darurat yang sangat besar terhadap badai dengan intensitas yang jarang. Pusat Badai Nasional mengatakan mata badai sangat berbahaya mendarat tepat setelah pukul 15:00 (1900 GMT) di pulau penghalang Cayo Costa, sebelah barat kota Fort Myers. (Photo by Ricardo ARDUENGO / AFP)
Seorang pria berdiri di depan perahu yang dicuci setelah Badai Ian di Fort Myers, Florida pada 29 September 2022. - Badai Ian meninggalkan sebagian besar pesisir barat daya Florida dalam kegelapan pada Kamis pagi, membawa banjir bencana yang membuat para pejabat bersiap-siap tanggap darurat yang sangat besar terhadap badai dengan intensitas yang jarang. Pusat Badai Nasional mengatakan mata badai sangat berbahaya mendarat tepat setelah pukul 15:00 (1900 GMT) di pulau penghalang Cayo Costa, sebelah barat kota Fort Myers. - Badai Ian yang dahsyat menyapu negara bagian Florida AS. Akibatkan rumah hancur dan kapal-kapal terdampar hingga korban jiwa. (Photo by Ricardo ARDUENGO / AFP) (AFP/RICARDO ARDUENGO)
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas