Tribun

Konflik Rusia Vs Ukraina

Kemajuan Besar, Ukraina Menembus Pertahanan Rusia di Selatan

Pasukan Ukraina menembus pertahanan Rusia di selatan negara itu. Ukraina merebut kembali wilayah di daerah-daerah yang dicaplok oleh Rusia.

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Kemajuan Besar, Ukraina Menembus Pertahanan Rusia di Selatan
Anatolii Stepanov / AFP
Pasukan Ukraina mengendarai tank di jalan di wilayah timur Ukraina Donbas pada 21 Juni 2022. - Ukraina menerobos pertahanan Rusia di selatan pada 3 Oktober 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Pasukan Ukraina telah menembus pertahanan Rusia di selatan negara itu sambil memperluas serangan cepat mereka di timur.

Ukraina merebut kembali lebih banyak wilayah di daerah-daerah yang dicaplok oleh Rusia dan mengancam jalur pasokan pasukan Kremlin.

Membuat terobosan terbesar mereka di selatan sejak perang dimulai, pasukan Ukraina merebut kembali beberapa desa di sepanjang Sungai Dnipro yang strategis pada Senin (3/10/2022).

Demikian dikatakan oleh pejabat Ukraina dan pemimpin Rusia di daerah itu.

Pasukan Ukraina di selatan menghancurkan 31 tank Rusia dan satu peluncur roket ganda, kata komando operasional selatan militer.

Namun, dia tidak memberikan rincian di mana pertempuran itu terjadi.

Baca juga: Penjualan Tiket Pesawat di Rusia Melonjak 27 Persen Pasca Mobilisasi Perang Ukraina

Terobosan selatan mencerminkan kemajuan Ukraina baru-baru ini di timur bahkan ketika Rusia telah mencoba meningkatkan taruhannya dengan mencaplok tanah, memerintahkan mobilisasi, dan mengancam pembalasan nuklir.

Ukraina telah membuat kemajuan signifikan di dua dari empat wilayah yang diduduki Rusia yang dicaplok Moskow pekan lalu setelah referendum.

Sebagai tanda bahwa Ukraina sedang membangun momentum di front timur, Reuters melihat barisan kendaraan militer Ukraina pada hari Senin untuk memperkuat pusat kereta api Lyman, direbut kembali pada akhir pekan, dan sebuah pos pementasan untuk menekan ke wilayah Donbas.

Pejuang tentara Ukraina duduk di atas kendaraan bersenjata di kharkiv pada 9 September 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Photo by Juan BARRETO / AFP)
Pejuang tentara Ukraina duduk di atas kendaraan bersenjata di kharkiv pada 9 September 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Photo by Juan BARRETO / AFP) (AFP/JUAN BARRETO)

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan tentara Ukraina telah merebut kembali kota-kota di sejumlah daerah, tanpa memberikan rincian.

“Pusat-pusat populasi baru telah dibebaskan di beberapa wilayah. Pertempuran sengit sedang terjadi di beberapa sektor garis depan,” kata Zelensky, dilansir dari CNA.

Serhiy Gaidai, gubernur Luhansk mengatakan pasukan Rusia telah mengambil alih sebuah rumah sakit jiwa di kota Svatovo, target dalam perjalanan untuk merebut kembali kota-kota besar Lysychansk dan Sivierodonetsk.

"Ada jaringan ruang bawah tanah di gedung itu dan mereka mengambil posisi bertahan," katanya kepada televisi Ukraina.

Di selatan, pasukan Ukraina merebut kembali kota Dudchany di sepanjang tepi barat Sungai Dnipro, yang membelah negara itu, kata Vladimir Saldo, pemimpin yang ditempatkan Rusia di bagian provinsi Kherson Ukraina yang diduduki.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas