Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

UPDATE Perang Rusia-Ukraina Hari ke-223: Putin Bersumpah Lindungi Wilayah Baru dengan Segala Cara

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah untuk melindungi wilayah yang baru diklaim Rusia menggunakan "segala cara yang ada".

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in UPDATE Perang Rusia-Ukraina Hari ke-223: Putin Bersumpah Lindungi Wilayah Baru dengan Segala Cara
AFP
(kiri) Kepala wilayah Kherson yang ditunjuk Moskow Vladimir Saldo dan wilayah Zaporizhzhia Yevgeny Balitsky, Presiden Rusia Vladimir Putin, pemimpin separatis Donetsk Denis Pushilin dan pemimpin separatis Lugansk Leonid Pasechnik bergandengan tangan setelah menandatangani perjanjian yang secara resmi mencaplok empat wilayah Ukraina yang diduduki pasukan Rusia, di Kremlin di Moskow pada 30 September 2022. - Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah untuk melindungi wilayah yang baru diklaim Rusia menggunakan "segala cara yang ada". 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini serangkaian peristiwa perang Rusia dan Ukraina yang memasuki hari ke-223 pada Selasa (4/10/2022), dikutip dari The Guardian.

Rusia kehilangan kendali penuh atas Kherson

Rusia tidak lagi memiliki kendali penuh atas salah satu dari empat provinsi Ukraina yang dikatakannya dicaplok pekan lalu.




Ini terjadi setelah pasukan Ukraina dilaporkan maju puluhan kilometer di provinsi Kherson.

Militer Rusia telah mengakui bahwa pasukan Kyiv telah menerobos di wilayah Kherson.

Dikatakan tentara Ukraina dan "unit tank superior" telah berhasil "menembus kedalaman pertahanan kami" di sekitar desa Zoltaya Balka dan Alexsandrovka.

Baca juga: POPULER Internasional: 9 Anggota NATO Dukung Ukraina Bergabung | Israel Tahan 798 Warga Palestina

Putin berjanji lindungi wilayah yang dicaplok

BERITA TERKAIT

Pada Senin (3/10/2022), juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Kremlin masih menentukan wilayah Ukraina yang diduduki yang telah "dicaplok".

Putin telah bersumpah untuk melindungi wilayah yang baru diklaim Rusia menggunakan "segala cara yang ada".

Pernyataan ini dinilai menunjukkan potensi serangan nuklir.

Kurangnya garis merah yang jelas dapat merusak upayanya menggunakan pencegahan nuklir untuk menghentikan serangan balasan Ukraina yang sukses dan dukungan barat untuk Kyiv.

Ukraina kuasai Lyman

Ukraina telah "sepenuhnya membersihkan" pasukan Rusia dari kota utama Lyman di timur.

Baca juga: Rubel akan Jadi Mata Uang Resmi di Bekas Wilayah Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) berpidato dalam rapat umum dan konser yang menandai pencaplokan empat wilayah Ukraina yang diduduki pasukan Rusia - Lugansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia, di Lapangan Merah di Moskow tengah pada 30 September 2022.
Sergei KARPUKHIN / SPUTNIK / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin (tengah) berpidato dalam rapat umum dan konser yang menandai pencaplokan empat wilayah Ukraina yang diduduki pasukan Rusia - Lugansk, Donetsk, Kherson dan Zaporizhzhia, di Lapangan Merah di Moskow tengah pada 30 September 2022. Sergei KARPUKHIN / SPUTNIK / AFP (AFP)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengkonfirmasi kemenangan pasukannya sehari setelah Moskow mengakui pasukannya telah ditarik keluar setelah mereka dikepung.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas