Tribun

Geng Bersenjata Tembak Mati Wali Kota di Meksiko serta 17 Warga Lainnya

Wali Kota di Meksiko serta 17 orang lainnya tewas dalam penembakan massal yang dilakukan kelompok bersenjata, Rabu (5/10).

Penulis: Ika Nur Cahyani
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Geng Bersenjata Tembak Mati Wali Kota di Meksiko serta 17 Warga Lainnya
EPA via BBC
Balai kota San Miguel Totolapan, negara bagian Guerrero, Meksiko penuh dengan peluru selama serangan kekerasan - Wali Kota di Meksiko serta 17 orang lainnya tewas dalam penembakan massal yang dilakukan kelompok bersenjata, Rabu (5/10). 

TRIBUNNEWS.COM - Wali Kota di Meksiko serta 17 orang lainnya tewas dalam penembakan massal yang dilakukan kelompok bersenjata.

Polisi mengatakan para pelaku menyerbu balai kota San Miguel Totolapan, negara bagian Guerrero, pada pukul 14:00 (19:00 GMT), Rabu (5/10/2022).

Bloomberg melaporkan, komplotan bersenjata itu mengenakan topeng ski dan mengendarai dua SUV.

Mereka menghabisi Wali Kota Conrado Mendoza Almeda dan ayahnya, Juan Mendoza, yang juga merupakan mantan wali kota San Miguel Totolapan.

Menurut laporan media lokal Reforma, sebagian besar korban pembantaian ini merupakan anggota pemerintahan daerah.

Gubernur Guerrero, Evelyn Salgado Pineda meminta Kantor Kejaksaan Agung negara bagian untuk segera menyelidiki peristiwa tersebut.

Balai kota San Miguel Totolapan, negara bagian Guerrero, Meksiko penuh dengan peluru selama serangan kekerasan
Balai kota San Miguel Totolapan, negara bagian Guerrero, Meksiko penuh dengan peluru selama serangan kekerasan - Wali Kota di Meksiko serta 17 orang lainnya tewas dalam penembakan massal yang dilakukan kelompok bersenjata, Rabu (5/10). (EPA via BBC)

Baca juga: Badai Orlene Menuju Barat Meksiko, Menguat Jadi Badai Kategori 3

"Tidak akan ada impunitas atas agresi jahat terhadap presiden kota dan pejabat pemerintah daerah," kata Salgado Pineda di Twitter.

"Komitmen kami tegas, kami tidak akan mengambil langkah mundur untuk memberikan keamanan kepada penduduk San Miguel Totolapan dan seluruh wilayah kami di Tierra Caliente," tambahnya.

Serangan mematikan itu terjadi menyusul gelombang kekerasan geng pada bulan Agustus lalu.

Antek kartel narkoba membuat kerusuhan dengan membakar mobil di negara bagian Colima setelah pemimpinnya ditangkap.

Sementara itu, gembong narkoba Cártel de Jalisco Nueva Generación membakar 25 toko Oxxo di Meksiko tengah menyusul penangkapan lainnya.

Menurut laporan BBC, pembunuhan massal ini diduga didalangi geng kriminal Los Tequileros, yang terkait dengan kartel narkoba yang kuat. 

Petugas polisi dan pekerja dewan tewas dalam pembantaian itu.

Gambar yang beredar di media sosial menunjukkan tubuh korban berlumuran darah dan tergeletak di tanah.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas