Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia-Ukraina Saling Tukar Masing-masing 20 Tahanan Perang

Sementara itu, Kiev mengkonfirmasi pertukaran tahanan terbaru, dengan mengatakan tentaranya telah dibebaskan pada hari Kamis.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Rusia-Ukraina Saling Tukar Masing-masing 20 Tahanan Perang
AFP/HANDOUT
Tangkapan layar ini diperoleh dari video selebaran yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 17 Mei 2022, menunjukkan anggota layanan Ukraina berbaring di tandu di dalam kendaraan saat mereka bersiap untuk dikawal oleh personel militer pro-Rusia setelah meninggalkan pabrik baja Azovstal yang terkepung di Kota pelabuhan Mariupol di Ukraina. (Photo by Handout / Russian Defence Ministry / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM -- Rusia dan Ukraina menyepakati untuk menukarkan para tahanan perang yang ditangkapolehmasing-masing pihak.

Keduanya melepaskan masing-masing sebanyak 20 tentara yang berhasil ditangkap selama peperangan.

Russia Today melaporkan, pebanyak 20 prajurit Rusia telah dikembalikan dari wilayah yang dikuasai Kiev, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (13/10/2022).

Ini adalah "hasil dari proses negosiasi di bursa," militer menjelaskan.

"Semua prajurit yang dibebaskan diberikan bantuan psikologis dan medis yang diperlukan," kata kementerian itu, seraya menambahkan bahwa mereka akan segera dikirim ke "lembaga medis untuk perawatan dan rehabilitasi."

Baca juga: Zelensky Minta Senjata Lebih Banyak Lagi ke Barat, Ukraina Kembali Tembaki Wilayah Rusia

Sementara itu, Kiev mengkonfirmasi pertukaran tahanan terbaru, dengan mengatakan tentaranya telah dibebaskan pada hari Kamis.

"Orang-orang kami kembali ke rumah 20 orang dibebaskan dari penangkaran," tulis kepala staf presiden Ukraina, Andrey Yermak, di saluran Telegramnya.

BERITA TERKAIT

Di antara mereka, “14 prajurit Angkatan Bersenjata, (empat) pejuang pertahanan teritorial, satu perwira Garda Nasional dan satu prajurit angkatan laut,” tambahnya.

Dalam pertukaran sebelumnya, yang terjadi pada akhir September, 55 tentara Rusia dan Donbass dibebaskan.

Kepala Republik Rakyat Donetsk (DPR) saat itu, Denis Pushilin, mengatakan Kiev membebaskan pemimpin oposisi Ukraina Viktor Medvedchuk sebagai bagian dari pertukaran.

Pihak berwenang Ukraina mendakwa Medvedchuk dengan pengkhianatan tahun lalu dan melarang partainya, Platform Oposisi – Selamanya, setelah Moskow meluncurkan operasi militernya di Ukraina.

Menurut Presiden Ukraina Vladimir Zelensky, 215 tentara Ukraina dikembalikan ke negara asal mereka dalam pertukaran. Mereka termasuk lebih dari 100 anggota Batalyon Azov, di mana para pejuang secara terbuka menganut pandangan nasionalis dan neo-Nazi.

Baca juga: PBB Kutuk Langkah Rusia Mencaplok 4 Wilayah Ukraina, 143 Negara Mendukung, 35 Abstain

Politisi oposisi utama Ukraina dibebaskan sebagai bagian dari pertukaran tahanan skala besar dengan Rusia, Presiden Vladimir Zelensky mengumumkan pada Kamis pagi.

Viktor Medvedchuk telah dipenjara tahun lalu atas tuduhan pengkhianatan yang diklaim pendukungnya bermotif politik. Langkah itu dilakukan tepat setelah partainya mengeluarkan 'Pelayan Rakyat' Zelensky yang berkuasa dalam jajak pendapat.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas