Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

3.580 Orang Dilaporkan Hilang, Australia Sebut Banyak Warganya Jadi Korban Tragedi Halloween Itaewon

Pihak berwenang Korea Selatan (Korsel) telah menerima setidaknya 3.580 laporan orang hilang pada Sabtu (29/10/2022) malam, pukul 23.00 waktu setempat.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 3.580 Orang Dilaporkan Hilang, Australia Sebut Banyak Warganya Jadi Korban Tragedi Halloween Itaewon
AFP/ANTHONY WALLACE
Pihak berwenang Korea Selatan (Korsel) telah menerima setidaknya 3.580 laporan orang hilang pada Sabtu (29/10/2022) malam, pukul 23.00 waktu setempat. Foto jenazah korban tragedi pesta Halloween yang menewaskan 151 orang, dibawa dengan tandu di lingkungan Itaewon di Seoul pada 30 Oktober 2022. (Photo by Anthony WALLACE / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Pihak berwenang Korea Selatan (Korsel) telah menerima setidaknya 3.580 laporan orang hilang pada Sabtu (29/10/2022) malam, pukul 23.00 waktu setempat.

Laporan ini menyusul tragedi mematikan yang terjadi pada perayaan pesta Halloween di Itaewon, Seoul yang menewaskan sedikitnya 154 orang.

Baca juga: Kesaksian Petugas Tangani Pesta Halloween di Itaewon: Kami Miliki Firasat Buruk, Mereka Mengigau

Pemerintah Metropolitan Kota Seoul mengatakan telah menyiapkan ruang situasi darurat terkait insiden tersebut di pusat komunitas terdekat.

Selain itu juga akan menerima laporan melalui kunjungan dan panggilan telepon.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Australia melaporkan banyak warga negaranya yang menjadi korban festival Halloween Itaewon tersebut.

"Pejabat konsulat dari Kementerian Luar Negeri (Australia) atau DFAT telah menyediakan fasilitas untuk keluarga korban di Australia," demikian pernyataan tertulis dari DFAT.

Selain itu, Kedubes Australia di Seoul juga mengonfirmasi bahwa ada beberapa warga Australia lainnya yang ikut dalam festival tersebut.

BERITA REKOMENDASI

"Pemerintah Australia mengucapkan turut berduka cita kepada keluarga dan lainnya yang mengalami insiden tragis ini. Kami meminta privasi keluarga untuk dihormati selama suasana yang sulit ini. Untuk menghormati privasi tersebut, kita tidak akan menyampaikan pernyataan lebih jauh," demikian pernyataan tertulis dari Pemerintah Australia.

Baca juga: Update Korban Tragedi Pesta Halloween di Itaewon Korea Selatan: 154 Tewas dan 132 Luka-luka

Sementara, empat korban tewas dan dua korban luka juga ada yang berasal dari Tiongkok.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh media nasional Tiongkok, Xinhua setelah Kedubes Tiongkok di Seoul menghubungi pihak Korea Selatan setelah insiden tersebut terjadi.

Selain itu, Kedubes Tiongkok juga memonitor sosial media untuk memantau apakah ada warga Tiongkok yang membutuhkan bantuan.

Pemerintah Korea Selatan mengumumkan masa berkabung nasional buntut dari tragedi Itaewon dari 30 Oktober-5 November 2022.

Perdana Menteri Korea Selatan, Han Duk Soo menginstruksikan bagi seluruh institusi publik dan kantor diplomatik agar mengibarkan bendera setengah tiang.

Selain itu seluruh acara yang dinilai tidak mendesak juga ditunda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas