Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik, Picu Peringatan Evakuasi di Jepang

Korea Utara menembakkan satu rudal balistik tak dikenal pada Kamis (3/11/2022), terbang di atas pulau utama Jepang dan memicu peringatan evakuasi.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik, Picu Peringatan Evakuasi di Jepang
Yonhap
Ilustrasi. File foto 27 Februari 2022 ini menunjukkan laporan berita tentang peluncuran rudal balistik Korea Utara yang ditayangkan di televisi di Stasiun Seoul. - Korea Utara menembakkan satu rudal balistik tak dikenal pada Kamis (3/11/2022), terbang di atas pulau utama Jepang dan memicu peringatan evakuasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara menembakkan satu rudal balistik tak dikenal pada Kamis (3/11/2022).

Jepang menuturkan rudal itu terbang di atas pulau utamanya kemudian mendarat di Samudra Pasifik.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS) mengatakan rudal tersebut mendarat di perairan di sebelah timur semenanjung itu.




Dilansir CNN, rudal balistik juga dilaporkan memicu peringatan evakuasi di prefektur Miyagi, Yamagata, dan Niigata di utara Jepang.

"Rudal diluncurkan. Rudal diluncurkan. Sebuah rudal diyakini diluncurkan dari Korea Utara. Silakan mengungsi ke gedung atau bawah tanah," cuit Kantor Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Beberapa menit kemudian, cuitan tersebut diperbarui.

Baca juga: Pasukan Korea Utara Tembaki Pantai Korea Selatan, Warga Setempat Panik Minta Dievakuasi

"Rudal berlalu. Rudal berlalu. Rudal itu diyakini melewati Samudra Pasifik sekitar pukul 07.48 pagi (waktu setempat)," jelas cuitan tersebut.

BERITA TERKAIT

"Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan, tolong jangan mendekatinya dan segera hubungi polisi atau pemadam kebakaran," imbuh cuitan tersebut.

Penjaga pantai kirim peringatan kepada kapal

Penjaga Pantai Jepang juga mengirimkan peringatan kepada kapal-kapal di daerah.

"Korea Utara menembakkan diduga rudal, jangan mendekati dan harap melaporkan informasi relevan kepada Penjaga Pantai jika Anda menemukan benda apapun," terang imbauan Penjaga Pantai Jepang.

Peluncuran rudal ke-30

Baca juga: Korea Utara Tembakkan 10 Rudal ke Dekat Perairan Korea Selatan, Seoul Balas Luncurkan 3 Rudal

File foto 27 Februari 2022 ini menunjukkan laporan berita tentang peluncuran rudal balistik Korea Utara yang ditayangkan di televisi di Stasiun Seoul.
Ilustrasi. File foto 27 Februari 2022 ini menunjukkan laporan berita tentang peluncuran rudal balistik Korea Utara yang ditayangkan di televisi di Stasiun Seoul. - Korea Utara menembakkan satu rudal balistik tak dikenal pada Kamis (3/11/2022), terbang di atas pulau utama Jepang dan memicu peringatan evakuasi.(Yonhap)

Berdasarkan hitungan CNN, ini adalah peluncuran rudal ke-30 Korea Utara tahun ini.

Hitungan tersebut mencakup rudal balistik dan jelajah.

Ini mengikuti rentetan uji coba rudal jarak pendek Korea Utara pada Rabu (2/11/2022).

Korea Utara menembakkan setidaknya 23 rudal dari berbagai jenis ke timur dan barat Semenanjung Korea, menurut Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

"Salah satu rudal yang diluncurkan pada Rabu (2/11/2022) oleh Pyongyang adalah rudal balistik jarak pendek yang mendarat di dekat perairan teritorial Korea Selatan untuk pertama kalinya sejak pembagian Korea," kata Kepala Gabungan Seoul.

Berita lain terkait dengan Korea Utara

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas