Tribun

KTT ASEAN

Mahfud MD akan Dampingi Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN di Kamboja

Mahfud MD akan mendampingi presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 10-13 November 2022.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Mahfud MD akan Dampingi Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN di Kamboja
Tim Humas Kemenko Polhukam RI
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD saat menjadi Keynote Speaker dalam Forum Rektor Indonesia 2022, Konvensi Kampus XXVIII, dan Temu Tahunan XXIV di Gedung ACC Universitas Airlangga Surabaya pada Minggu (30/10/2022).    Mahfud MD akan mendampingi presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 10-13 November 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD akan mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 10-13 November 2022.

Mahfud MD bertolak dari Malaysia usai meninjau pelayanan perlindungan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur bagi warga negara Indonesia (WNI) yang mengalami masalah.

“Pagi ini saya akan melanjutkan perjalanan ke Phnom Penh, Kamboja, untuk mengikuti KTT ASEAN ke-40 dan ke-41,” ujar Mahfud MD dalam akun instagramnya @mohmahfudmd Rabu, (9/11/2022).

Dalam KTT ASEAN tersebut Indonesia akan menerima kepercayaan sebagai ketua baru ASEAN.

Sebelumnya Mahfud MD mengatakan Presiden Joko Widodo akan menerima tongkat kepemimpinan ASEAN dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Kamboja.

Dengan demikian, Indonesia akan resmi menjadi Ketua ASEAN untuk periode berikutnya.

Ia juga mengatakan akan turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut.

Mahfud MD juga mengatakan ada sejumlah isu yang akan dibawa Indonesia dalam pertemuan tersebut mulai dari demokrasi hingga soal Myanmar.

"Tentu masalah strategis yang akan dibahas misalnya masalah demokrasi, penegakan hukum, HAM, kerja sama intelijen, keamanan bersama, dan sebagainya itu akan kita bahas di sana," kata Mahfud MD di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI pada Senin (7/11/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi Sampaikan Tiga Fokus KTT ASEAN Plus Three dalam Ketahanan Kesehatan

Selain itu, kata Mahfud MD, Indonesia juga akan membawa isu strategis lain dalam pertemuan tersebut.

Ia mengatakan isu lain yang akan dibawa di antaranya adalah persoalan di Myanmar.

"Banyak isu lain misalnya masalah Cina Selatan, tindak pidana, perdagangan orang, masalah Myanmar, banyak lagi yang nanti akan dibahas," kata Mahfud MD.

ASEAN, kata Mahfud MD merupakan forum yang sangat dihormati di dunia internasional.

Mahfud MD mengatakan tujuan yang ingin dicapai dalam KTT tersebut adalah prinsip dasar yang sudah dicanangkan sejak lama yaitu membangun wilayah yang damai dan aman untuk kesejahteraan rakyat di kawasan ASEAN.

"Netralitasnya diharapkan membangun kesejukan dalam pergaulan antarbangsa-bangsa, selalu ditunjukkan oleh kawasan ASEAN ini dan ini harus kita perkuat untuk ke depannya," kata Mahfud MD.

Baca juga: Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak Konfirmasi Kehadirannya pada KTT G20 di Bali

Untuk itu, kata Mahfud MD setelah selesai menyelenggarakan KTT G-20 dalam waktu dekat, maka bangsa Indonesia harus tetap bersemangat membangun kehidupan di kancah internasional sebagai Ketua ASEAN.

"Jadi nanti sesudah kita selesai ramai-ramai soal G-20 sebagai event internasional yang bergengsi, sesudah itu kita juga masih akan terus meriah dan harus bersemangat untuk membangun kehidupan dunia internasional. Karena pada saat itu Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN," kata Mahfud MD

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas