Tribun

KTT G20 Bali

Kedutaan Rusia Umumkan Vladimir Putin Tak Ikut Langsung Pertemuan KTT G20, Hadir Secara Virtual?

Presiden Rusia Vladimir Putin masih memutuskan apakah dia akan bergabung dengan salah satu pertemuan KTT G20 yang digelar di Bali secara virtual.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kedutaan Rusia Umumkan Vladimir Putin Tak Ikut Langsung Pertemuan KTT G20, Hadir Secara Virtual?
Kolase Tribunnews
Foto Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (kiri) dan Foto Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan). - Presiden Rusia Vladimir Putin masih memutuskan apakah dia akan bergabung dengan salah satu pertemuan KTT G20 yang digelar di Bali secara virtual. 

TRIBUNNEWS.COM - Kedutaan Besar Rusia di Indonesia mengatakan kepada CNN, Presiden Vladimir Putin tidak akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin dari negara-negara G20 di Bali minggu depan.

Pengumuman yang dikeluarkan pada Kamis (10/11/2022) menyebut Putin akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov.

Kepala Protokol Kedutaan Rusia di Indonesia, Yulia Tomskaya menambahkan, Putin masih memutuskan apakah akan bergabung dengan salah satu pertemuan secara virtual.

Menjelang acara tersebut, negara-negara Barat dan Ukraina telah menekan Indonesia, tuan rumah G20, untuk meningkatkan kecamannya terhadap Moskow dan menarik undangannya kepada Putin untuk menghadiri KTT tersebut.

Delegasi AS keluar dari acara G20 karena Rusia hadir

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, yang menghadiri KTT mengatakan pada Maret 2022, Rusia harus dikeluarkan dari G20.

Baca juga: Vladimir Putin Absen di KTT G20, Kirim Menlu Sergei Lavrov ke Bali

Anggota senior pemerintahannya telah keluar dari acara G20 di mana delegasi Rusia hadir.

Namun Indonesia telah menolak tekanan tersebut.

Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berusaha untuk tetap pada posisi netral.

Jokowi telah mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke KTT sebagai tamu.

Zelensky mengatakan bahwa Ukraina tidak akan ambil bagian dalam KTT G20 jika Putin hadir.

Dia diharapkan untuk bergabung dalam pertemuan secara virtual.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 66 Bus Listrik Buatan Indonesia Dioperasikan pada Gelaran KTT G20

Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat tinggal kepada Presiden Azeri setelah pertemuan Presiden Rusia dengan para pemimpin Armenia dan Azerbaijan di kota resor Laut Hitam Sochi pada 31 Oktober 2022.
Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat tinggal kepada Presiden Azeri setelah pertemuan Presiden Rusia dengan para pemimpin Armenia dan Azerbaijan di kota resor Laut Hitam Sochi pada 31 Oktober 2022. - Presiden Rusia Vladimir Putin masih memutuskan apakah dia akan bergabung dengan salah satu pertemuan KTT G20 yang digelar di Bali secara virtual.(Sergei BOBYLYOV / SPUTNIK / AFP)

Pemimpin China hadir, ketegangan AS-China menjadi sorotan KTT G20

Pemimpin China Xi Jinping, yang bertemu Putin di Uzbekistan pada September 2022, juga diperkirakan akan menghadiri KTT G20.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas