Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Fakta-fakta Rudal Jatuh di Polandia, Diduga Rudal Ukraina hingga Pertemuan Darurat NATO di Bali

Investigasi sedang berlangusng untuk menentukan insiden di balik serangan rudal yang menghantam anggota NATO, Polandia. Simak fakta-fakta berikut ini.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Fakta-fakta Rudal Jatuh di Polandia, Diduga Rudal Ukraina hingga Pertemuan Darurat NATO di Bali
AFP/SAUL LOEB
Presiden AS Joe Biden (Tengah), Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berkumpul untuk mengadakan pertemuan darurat untuk membahas serangan rudal di wilayah Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina, di garis samping KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, di pulau resor Indonesia Bali pada 16 November 2022. - Investigasi sedang berlangusng untuk menentukan insiden di balik serangan rudal yang menghantam anggota NATO, Polandia. Simak fakta-fakta berikut ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah ledakan di wilayah anggota NATO, Polandia, dekat perbatasan Ukraina dilaporkan pada Selasa (15/11/2022).

Serangan tersebut mengirim gelombang kejut ke seluruh dunia.

Para pemimpin global khawatir akan konfrontasi langsung antara aliansi dan Rusia.

Setelah insiden itu, Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan ledakan itu, yang menewaskan dua orang di desa timur Przewodow, "kemungkinan besar buatan Rusia".

Namun pada Rabu (16/11/2022), Duda mengatakan "sangat mungkin" rudal itu berasal dari pertahanan udara Ukraina.

"Sama sekali tidak ada yang menunjukkan bahwa ini adalah serangan yang disengaja ke Polandia," katanya.

Baca juga: Berperang Hampir Satu Tahun, Vatikan Terus Perjuangkan Perdamaian Rusia-Ukraina

“Sangat mungkin itu adalah roket yang digunakan dalam pertahanan anti-rudal, yang berarti itu digunakan oleh pasukan pertahanan Ukraina,” jelasnya.

BERITA TERKAIT

Washington dan NATO telah membuat pernyataan serupa, yang menunjukkan bahwa ledakan itu tidak disengaja.

Kini investigasi sedang berlangsung.

Di sisi lain, Rusia membantah misilnya menyerang Polandia dan Ukraina dengan cepat menyalahkan Moskow atas serangan itu.

Dilansir Al Jazeera, berikut ini Tribunnews.com rangkum fakta-fakta mengenai serangan rudal yang menghantam anggota NATO, Polandia:

Apa yang kita ketahui tentang ledakan itu?

Berita pertama insiden itu dilaporkan oleh Radio ZET Polandia, yang mengatakan pada Selasa bahwa dua rudal telah menghantam Przewodow.

Baca juga: Jika Terbukti Polandia Diserang Rudal Ukraina, AS Tetap Sebut Rusia yang Bertanggung Jawab

Presiden AS Joe Biden (Tengah), Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berkumpul untuk mengadakan pertemuan darurat untuk membahas serangan rudal di wilayah Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina, di garis samping KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, di pulau resor Indonesia Bali pada 16 November 2022. (Photo by SAUL LOEB / AFP)
Presiden AS Joe Biden (Tengah), Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni, Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Dewan Eropa Charles Michel, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berkumpul untuk mengadakan pertemuan darurat untuk membahas serangan rudal di wilayah Polandia dekat perbatasan dengan Ukraina, di garis samping KTT para pemimpin G20 di Nusa Dua, di pulau resor Indonesia Bali pada 16 November 2022. (Photo by SAUL LOEB / AFP) (AFP/SAUL LOEB)

Przewodow merupakan sebuah desa di Polandia timur sekitar enam kilometer (3,5 mil) dari perbatasan dengan Ukraina, menewaskan dua orang.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas