Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korea Utara Diduga Tembakkan Rudal Balistik Antarbenua ke Arah Timur

Korea Utara (Korut) menembakan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke arah timur, seorang sumber mengungkapkan pada Jumat (18/11/2022).

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Korea Utara Diduga Tembakkan Rudal Balistik Antarbenua ke Arah Timur
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Korea Utara dilaporkan meluncurkan rudal balistik, Kamis (3/11/2022) pagi. Foto rudal Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) Korut yang diperlihatkan kepada masyarakat dan pers saat parade militer Korut beberapa waktu lalu. - Korea Utara (Korut) menembakan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke arah timur, seorang sumber mengungkapkan pada Jumat (18/11/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara (Korut) menembakan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke arah timur, seorang sumber mengungkapkan pada Jumat (18/11/2022).

Dilansir Korea Herald, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (Korsel) sebelumnya mengumumkan bahwa Korea Utara meluncurkan rudal balistik.

Namun tidak disebutkan secara spesifik dan tak ada rincian lebih lanjut yang diberikan.

Yonhap melaporkan, analisis awal militer menunjukkan bahwa itu adalah ICBM, menurut sumber yang berbicara dengan syarat anonimitas. 

Pyongyang peringatkan akan ambil tindakan militer lebih keras

Sebelumnya, pada Kamis (17/11/2022), Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui memperingatkan Pyongyang akan mengambil tindakan militer "lebih keras" jika Amerika Serikat (AS) memperkuat komitmen "pencegahan yang diperluas" terhadap sekutu regional.

Baca juga: Pembatasan Covid-19 Jadi Biang Kerok Krisis Pangan di Korea Utara

Pencegahan yang diperluas mengacu pada janji Amerika untuk menggunakan berbagai kemampuan militernya, baik nuklir maupun konvensional, untuk membela sekutunya.

BERITA REKOMENDASI

Korea Utara luncurkan rudal balistik jarak pendek ke Laut Timur

Seoul mengatakan Korea Utara telah menembakkan rudal balistik ke arah perairan timurnya pada Kamis (17/11/2022).

AP News melaporkan, AS telah meningkatkan komitmen keamanannya terhadap sekutunya, yaitu Korea Selatan dan Jepang.

Choe Son Hue memperingatkan dalam sebuah pernyataan bahwa kesepakatan KTT AS-Korea Selatan-Jepang baru-baru ini di Korea Utara akan membuat ketegangan di Semenanjung Korea lebih tidak dapat diprediksi.

Minta China mainkan perang lebih aktif

Sebelumnya, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol meminta China memainkan peran yang lebih aktif dan konstruktif dalam mencegah provokasi nuklir dan rudal Korea Utara.

Baca juga: Kecam Pertemuan Trilateral antara Amerika, Korsel dan Jepang, Korea Utara: Kami Akan Lebih Keras

Korea Utara dilaporkan meluncurkan rudal balistik, Kamis (3/11/2022) pagi. Foto rudal Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) Korut yang diperlihatkan kepada masyarakat dan pers saat parade militer Korut beberapa waktu lalu.
Korea Utara dilaporkan meluncurkan rudal balistik, Kamis (3/11/2022) pagi. Foto rudal Intercontinental Ballistic Missile (ICBM) Korut yang diperlihatkan kepada masyarakat dan pers saat parade militer Korut beberapa waktu lalu. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Hal tersebut disampaikan Yoon dalam pertemuan tatap muka yang berlangsung selama 25 menit dengan pemimpin China Xi Jinping di sela-sela konferensi Group of Twenty (G20) di Bali, Selasa (15/11/2022).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas