Tribun

Konflik Turki Vs Kurdi

Jenderal Rusia Temui Pemimpin Kurdi Suriah, Redam Pertempuran Lawan Turki

Komandan Rusia di Suriah Letjen Alexander Chayko menemui pemimpin kelompok bersenjata Kurdi Suriah Mazloum Abdi di kota Al Hasakeh Suriah Utara.

Penulis: Setya Krisna Sumarga
zoom-in Jenderal Rusia Temui Pemimpin Kurdi Suriah, Redam Pertempuran Lawan Turki
AFP
Pasukan Demokratik Suriah (SDF) berpatroli di sebuah jalan di kota Hasakeh, Suriah utara pada Minggu (23/1/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, AL HASAKEH - Komandan pasukan Rusia di Suriah, Letnan Jenderal Alexander Chayko bertemu pemimpin Syrian Defense Forces (SDF), Mazloum Abdi di al-Hasakah, Suriah.

Keduanya bertemu guna membahas eskalasi konfik di perbatasan Turki-Suriah saat ini. SDF adalah elemen Kurdistan yang menjadi sekutu dekat dan paling diandalkan oleh militer AS di Suriah.

Menurut situs media Al Mayadeen Senin (28/11/2022), Alexander Chayko, mengunjungi provinsi timur laut al-Hasakah, pada Minggu (27/11/2022).

Sumber Al Mayadeen menyatakan pertemuan itu membahas ancaman Turki untuk meluncurkan operasi darat dan cara-cara untuk mengambil tindakan untuk mencegah operasi itu terjadi.

Baca juga: Presiden Turki Beri Isyarat Serangan Darat ke Suriah dan Irak, Erdogan: Kami akan Putuskan Bersama

Baca juga: Turki Serang Suriah dan Irak, Targetkan Kurdi yang Dianggap Tanggung Jawab atas Pemboman di Istanbul

Baca juga: AS Khawatir Ancaman Serangan Turki ke Suriah Bisa Bebaskan Ribuan Napi ISIS

Chayko memperkenalkan kembali gagasan pengerahan tentara Suriah di sepanjang perbatasan Suriah-Turki di radius 30 kilometer.

Pasukan udara Turki membombardir basis-basis pertahanan kelompok Kurdi Suriah dan Irak, menyusul aksi pengeboman di Istanbul Turki dua pekan lalu.

Ankara menuduh kelompok-kelompok Kurdi di Suriah dan Irak terlibat dalam pemboman Istanbul, yang dituduhkan ke Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Turki.

Chayko telah bertemu Abdi pada 2020 untuk membahas koordinasi dengan pihak Turki terkait berbagai operasi Turki di wilayah Kurdi.

Rusia menerima sinyal positif dari Ankara dan Damaskus tentang peluang membuat langkah satu sama lain memulihkan hubungan Suriah-Turki yang putus.

Turki menyokong kelompok bersenjata di Suriah yang berusaha mendongkel Bashar Assad di Damaskus.

Bahkan pasukan Turki kini menduduki Sebagian wilayah Provinsi Idlib, dan sebagian lagi kota Afrin di Suriah utara yang semula dikuasai pasukan SDF.

Militer AS juga hadir di wilayah kaya minyak di Suriah timur laut. Mereka bahu-membahu Bersama kelompok Kurdi, mempertahankan posisi mereka di Suriah.

Peluang pemulihan hubungan Suriah-Turki mengemuka pada putaran ke-19 perundingan di Astana Rusia terkait konflik Suriah.

“Kami berharap bahwa kami secara bertahap akan menyaksikan pemulihan hubungan Suriah-Turki,” kata Lavrentyev.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas