Tribun

Putri Kim Jong Un yang Berusia 10 Tahun Kembali Tampil, Kali Ini Bersama Para Ilmuwan Rudal

Putri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang berusia sekitar 10 tahun kembali tampil di depan umum, kali ini dengan para ilmuwan rudal.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Garudea Prabawati
zoom-in Putri Kim Jong Un yang Berusia 10 Tahun Kembali Tampil, Kali Ini Bersama Para Ilmuwan Rudal
KCNA
Kim Jong Un tengah berjalan bersama putrinya di landasan peluncuran rudal balistrik antarbenua terbaru milik Korea Utara. - Putri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un yang berusia sekitar 10 tahun kembali tampil di depan umum, kali ini dengan para ilmuwan rudal. 

TRIBUNNEWS.COM - Putri Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un kembali tampil di depan umum, kali ini dengan para ilmuwan rudal.

Anak perempuan itu diyakini sebagai anak kedua Kim Jong Un bernama Ju Ae yang berusia sekitar 9 atau 10 tahun.

Ju Ae pertama kali diperkenalkan ke dunia luar akhir pekan lalu dalam foto-foto media negara yang menunjukkan dia mengamati peluncuran rudal balistik antarbenua Korea Utara bersama orang tuanya dan lainnya.

Ju Ae, yang saat itu mengenakan mantel putih dan sepatu merah, terlihat berjalan bergandengan tangan dengan Kim Jong Un melewati rudal besar yang dimuat di truk peluncuran.

Pada Minggu (28/11/2022), Kantor Berita Pusat resmi Korea Utara (KCNA) menyebut dia dan sang ayah mengambil foto bersama dengan para ilmuwan, pejabat, dan lainnya yang terlibat dalam peluncuran uji coba ICBM Hwasong-17.

KCNA menggambarkannya sebagai anak Kim Jong Un yang paling dicintai atau berharga, gelar yang lebih terhormat daripada deskripsi sebelumnya tentang anak tercinta pada pengiriman 19 November.

Baca juga: Korea Utara Berencana Bangun Kekuatan Nuklir Paling Kuat di Dunia

Foto-foto yang dirilis media negara menunjukkan putri orang nomor satu di Korea Utara itu dengan mantel hitam panjang memegang lengan ayahnya saat keduanya berpose untuk difoto.

Mengikuti ibunya Ri Sol Ju, yang tidak terlihat di salah satu foto hari Minggu, dia memiliki penampilan yang lebih dewasa daripada saat pembukaannya seminggu yang lalu.

Beberapa foto menunjukkan mereka berdiri di tengah barisan tentara berseragam di depan rudal besar di atas truk peluncuran.

Yang lain menunjukkan Ju Ae bertepuk tangan, berjabat tangan dengan seorang tentara atau berbicara dengan ayahnya ketika orang-orang bersorak di latar belakang.

"Ini tentu saja mengejutkan. Foto Kim Ju Ae berdiri di samping ayahnya saat dirayakan oleh teknisi dan ilmuwan yang terlibat dalam peluncuran ICBM terbaru akan mendukung gagasan bahwa ini adalah awal dari posisi dirinya sebagai calon penerus," kata Ankit Panda, seorang ahli dari Carnegie Endowment untuk Perdamaian Internasional.

"Media negara yang menggarisbawahi cinta ayahnya untuknya semakin menggarisbawahi hal ini, menurut saya."

"Akhirnya, kedua penampilan publik pertamanya adalah dalam konteks senjata nuklir strategis permata mahkota dari kemampuan pertahanan nasional Korea Utara. Menurut saya itu bukan kebetulan," kata Panda.

Sementara itu, setelah penampilan publik pertamanya, layanan mata-mata Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen bahwa mereka menilai gadis dalam foto itu adalah anak kedua Kim Jong Un, yang berusia sekitar 10 tahun dan bernama Ju Ae.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas