Tribun

Raphael Warnock Menang Pemilu Putaran Kedua di Georgia, Resmi jadi Senator Amerika Serikat

Raphael Warnock menang Pemilu putaran kedua di Georgia. Ia kini resmi menjadi Senator Amerika Serikat dari Partai Demokrat.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Raphael Warnock Menang Pemilu Putaran Kedua di Georgia, Resmi jadi Senator Amerika Serikat
IG @raphaelwarnock
Raphael Warnock saat berpidato setelah memenangkan pemilihan putaran kedua di negara bagian Georgia untuk Senator Amerika Serikat, Selasa (6/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM - Raphael Warnock dari Demokrat telah mengalahkan Herschel Walker dari Partai Republik dalam pemilihan putaran kedua Georgia untuk Senat Amerika Serikat.

Kemenangan Raphael Warnock memastikan partainya menjadi mayoritas langsung di Senat selama sisa masa jabatan Presiden Joe Biden.

Kemenangan Raphael Warnock mengokohkan Georgia sebagai negara bagian AS yang pasti akan memainkan peran penting dalam pemilihan Presiden 2024.

Demokrat telah memenangkan tiga pemilihan Senat di negara bagian Georgia dalam dua tahun terakhir.

"Setelah kampanye yang berjuang keras adalah kehormatan bagi saya untuk mengucapkan empat kata paling kuat yang pernah diucapkan dalam demokrasi: Rakyat telah berbicara," kata Raphael Warnock (53) kepada para pendukungnya di ballroom hotel Atlanta, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Hakeem Jeffries Gantikan Nancy Pelosi sebagai Pemimpin Demokrat DPR Amerika Serikat

“Saya sering mengatakan, pemungutan suara adalah semacam doa untuk dunia yang kita inginkan untuk diri kita sendiri dan untuk anak-anak kita,” katanya, dikutip dari Al Jazeera.

“Georgia, kamu telah berdoa dengan bibir dan kakimu, tangan dan kakimu, kepala dan hatimu. Anda telah bekerja keras, dan di sini kita berdiri bersama.”

Dalam ujian pemilihan senat bulan lalu, Raphael Warnock memimpin Walker dengan 37.000 surat suara dari hampir empat juta suara yang diberikan.

Namun, Demokrat bersama Raphael Warnock tidak mencapai ambang batas 50 persen, sehingga diperlukan pemilihan putaran kedua.

Raphael Warnock menjelang pemilihan putaran kedua di negara bagian Georgia untuk senator Amerika Serikat.
Raphael Warnock menjelang pemilihan putaran kedua di negara bagian Georgia untuk senator Amerika Serikat. (IG @raphaelwarnock)

Lebih dari 1,8 juta warga Georgia memberikan suara pada akhir pemungutan suara awal Desember 2022.

Demokrat memecahkan rekor untuk pemungutan suara harian secara langsung, yang mencerminkan antusiasme pendukungnya.

Di beberapa lokasi pemungutan suara awal, pemilih mengantri lebih dari dua jam untuk memberikan suara mereka.

"Saya Georgia ," kata Raphael Warnock dalam pidato kemenangannya, dikutip dari The Guardian

“Saya adalah contoh dan iterasi dari sejarahnya, rasa sakitnya dan janjinya… Tapi karena ini Amerika, karena kita selalu memiliki jalan untuk membuat negara ini lebih besar melawan rintangan yang tak terkatakan, di sini kita berdiri bersama.”

Baca juga: Gedung Putih Kecam Seruan Donald Trump agar Konstitusi Amerika Dihapus

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas