Tribun

Respon Bom Bandung, Dubes AS Sampaikan Belasungkawa

Duta Besar Amerika Serikat (AS), Sung Yong Kim menyampaikan belasungkawa atas kejadian tersebut.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Respon Bom Bandung, Dubes AS Sampaikan Belasungkawa
Tribunnews.com/Larasati
Duta Besar Amerika Serikat (AS), Sung Yong Kim saat konferensi pers dengan media-media Indonesia di Kantor Kedutaan Besar AS Jakarta, Rabu (7/12/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta merespon aksi  teror bom yang terjadi Polsek Astana Anyara, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pagi.

Duta Besar Amerika Serikat (AS), Sung Yong Kim menyampaikan belasungkawa atas kejadian tersebut.

"Sebelum saya mulai, saya hanya ingin mengatakan bahwa kami mengetahui laporan ledakan pagi ini di Kota Bandung, bersama dengan beberapa kemungkinan korban dan cedera jelas sangat sedih mendengar berita," ujar Kim saat konferensi pers di kantor Kedutaan AS Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Kim mengatakan pihaknya akan mengikuti perkembangan kejadian ini dengan cermat.

"Atas nama Kedutaan Besar Amerika Serikat, saya menyampaikan belasungkawa tulus saya kepada mereka yang telah terkena dampak insiden ini," ujarnya.

Baca juga: Buntut Bom Bandung, Polri Diminta Waspadai Aksi Teror Saat Pernikahan Kaesang Putra Jokowi

Kim mengatakan Kedutaan terus berkordinasi dengan pemerintah Indonesia untuk melihat dengan tepat apa yang perlu dilakukan ke depan.

Dubes AS tidak menyebutkan adanya larangan bagi warga Amerika untuk berpergian ke Indonesia.

Namun Kim mengatakan bahwa Indonesia dan Amerika memiliki kerja sama penegakan hukum yang sangat kuat berkaitan dengan kontraterorisme.

Pihaknya baru akan mengambil langkah-langkah konkrit jika sudah mendapatkan kepastian informasi dari otoritas berwenang di Indonesia.

"Kita memiliki kerja sama penegakan hukum yang sangat kuat dengan Indonesia, dengan berbagai lembaga. Dan itu, tentu saja, termasuk upaya kontraterorisme. Jadi kami menilai apa yang terjadi. Dan kami akan mengambil langkah-langkah tanggapan yang tepat ketika fakta-fakta menjadi lebih jelas," ujarnya.

Kronologi Ledakan Bom

Kapolrestabes Bandung Kombespol Aswin mengatakan, kejadian yang diduga bom bunuh diri itu terjadi pada Rabu pagi pukul 08.20 saat sedang melakukan apel pagi.

"Tiba-tiba ada satu orang laki-laki masuk ke Polsek mengacungkan senjata tajam menerobos barisan apel pagi seketika anggota pada menghindar tidak lama kemudian ada ledakan," kata dia.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas