Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Putin Sebut Media Asing Bungkam tentang Penembakan Ukraina terhadap Warga Sipil Donetsk

Vladimir Putin mengungkapkan media asing dan organisasi HAM tetap bungkam tentang serangan penembakan Ukraina yang menargetkan warga sipil Donetsk.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Putin Sebut Media Asing Bungkam tentang Penembakan Ukraina terhadap Warga Sipil Donetsk
Alexander NEMENOV / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat di layar yang dipasang di Lapangan Merah saat ia berpidato pada rapat umum dan konser yang menandai aneksasi empat wilayah Ukraina yang diduduki pasukan Rusia - Lugansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia , di Moskow tengah pada 30 September 2022. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan media asing dan organisasi hak asasi manusia (HAM) tetap bungkam tentang serangan penembakan Ukraina yang menargetkan warga sipil di Donetsk.

Diwartakan TASS, pernyataan tersebut disampaikan selama pembicaraan dengan pejabat Kepala Republik Rakyat Donetsk (DPR), Denis Pushilin, Selasa (20/12/2022).

"Saya meminta perhatian pada fakta bahwa tidak ada satu pun media asing atau organisasi hak asasi manusia yang memecah keheningan tentang masalah ini," tutur Putin.

Pada gilirannya, Pushilin mengatakan situasinya sudah seperti itu sejak 2014.

"Mari kita hadapi kebenaran: Donbas berusaha menyelesaikan konflik ini secara damai," kata Pushilin.

"Begitu pula Rusia, melakukan segalanya," imbuhnya.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-301: Zelensky akan Kunjungi Washington

Dalam konteks ini, menurut Pushilin, Eropa dan Barat tidak dapat dipercaya.

BERITA REKOMENDASI

Dia juga mengaku terkejut dengan pengakuin mantan Kanselir Jerman Angel Merkel baru-baru ini.

"Mereka mengatakan tidak berencana menghormati komitmen apa pun, mereka menandatangani dokumen hanya untuk mengulur waktu dan mempersenjatai kembali Ukraina," tegas Putin.

Putin kunjungi Minsk

Lebih jauh, Al Jazeera melaporkan Putin mengunjungi Minsk dan melakukan pembicaraan dengan rekannya, Alexander Lukashenko.

Rekaman yang disiarkan televisi negara Rusia menunjukkan Putin turun dari pesawat pada Senin (19/12/2022) di bandara yang diselimuti salju.

Baca juga: Amerika Serikat akan Kirim Paket Bantuan Militer Senilai 1,8 Miliar Dolar AS ke Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat di layar yang dipasang di Lapangan Merah saat ia berpidato pada rapat umum dan konser yang menandai aneksasi empat wilayah Ukraina yang diduduki pasukan Rusia - Lugansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia , di Moskow tengah pada 30 September 2022.
Presiden Rusia Vladimir Putin terlihat di layar yang dipasang di Lapangan Merah saat ia berpidato pada rapat umum dan konser yang menandai aneksasi empat wilayah Ukraina yang diduduki pasukan Rusia - Lugansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia , di Moskow tengah pada 30 September 2022. (Alexander NEMENOV / AFP)

Kehadirannya disambut hangat oleh sekutunya, Lukashenko.

Putin mengatakan dia dan Lukashenko membahas pembentukan "satu ruang pertahanan" di wilayah tersebut tetapi menolak klaim bahwa Moskow siap menelan tetangganya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas