Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

AS akan Kirim Sistem Rudal Patriot ke Ukraina, Termasuk Peluru Artileri, Roket dan Amunisi Tank

AS akan kirim sistem rudal patriot ke Ukraina, termasuk peluru artileri, roket dan amunisi tank untuk mendukung pertahanan di Ukraina dari Rusia.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Ayu Miftakhul Husna
zoom-in AS akan Kirim Sistem Rudal Patriot ke Ukraina, Termasuk Peluru Artileri, Roket dan Amunisi Tank
Brendan SMIALOWSKI / AFP
Presiden AS Joe Biden berbicara selama pertemuan virtual tentang mengamankan rantai pasokan mineral penting di Auditorium Pengadilan Selatan dekat Gedung Putih di Washington, DC, pada 22 Februari 2022. - AS akan mengirim bantuan rudal patriot ke Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan AS akan mengirim rudal patriot ke Ukraina.

Rudal patriot merupakan sistem pertahanan udara yang canggih untuk melawan serangan udara Rusia.

Pengiriman rudal patriot ini merupakan bagian dari bantuan AS senilai 1,85 miliar dolar kepada Ukraina.

Kabar ini disampaikan saat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengunjungi Washington DC, AS, Rabu (21/12/2022).

Selain rudal patriot, AS juga akan memberikan paket bantuan militer lainnya pada Ukraina.

Baca juga: Presiden Rusia Vladimir Putin: Rusia akan Kembangkan Pasukan Tempur Nuklir

“Bantuan hari ini untuk pertama kalinya mencakup Sistem Pertahanan Udara Patriot, yang mampu menjatuhkan rudal jelajah, rudal balistik jarak pendek, dan pesawat terbang pada ketinggian yang jauh lebih tinggi daripada sistem pertahanan udara yang disediakan sebelumnya,” kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari The Moscow Times.

Paket bantuan keamanan dari AS menampilkan satu baterai Patriot, yang terdiri dari pusat komando, stasiun radar untuk mendeteksi ancaman yang masuk, dan peluncur rudal.

BERITA REKOMENDASI

Paket ini juga mencakup puluhan ribu peluru artileri, roket dan amunisi tank, sistem mortir, peluncur granat, dan pelindung tubuh.

Pertahanan udara Ukraina telah menjadi peran kunci dalam melindungi Ukraina dari serangan udara Rusia.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara kepada pers tentang perang di Ukraina, di Departemen Luar Negeri di Washington, DC, 17 Maret 2022. Blinken mengatakan Kamis bahwa Rusia tidak melakukan upaya serius dalam negosiasi dengan Ukraina untuk mengakhiri tiga minggu perang.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara kepada pers tentang perang di Ukraina, di Departemen Luar Negeri di Washington, DC, 17 Maret 2022. Blinken mengatakan Kamis bahwa Rusia tidak melakukan upaya serius dalam negosiasi dengan Ukraina untuk mengakhiri tiga minggu perang. "Di satu sisi, kami memuji Ukraina karena berada di meja meskipun dibombardir setiap menit setiap hari," kata Blinken. “Pada saat yang sama, saya belum melihat upaya berarti oleh Rusia untuk mengakhiri perang ini melalui diplomasi.” (AFP)

Baca juga: Moskow Klaim Tembak Jatuh 4 Rudal Buatan AS di Wilayah Rusia Selatan

"Selama tiga ratus hari terakhir, Kremlin telah mencoba dan gagal untuk menghapus Ukraina dari peta. Sekarang, Rusia mencoba mempersenjatai musim dingin dengan membekukan dan membuat warga sipil Ukraina kelaparan dan memaksa keluarga keluar dari rumah mereka," kata Antony Blinken.

"Sebagai tanggapan, Presiden AS Joe Biden akan mengumumkan hari ini, Amerika Serikat menyediakan kemampuan militer baru dan tambahan yang kritis untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dari serangan brutal dan tanpa alasan Rusia yang sedang berlangsung," katanya pada hari yang sama, dikutip dari RFI.

Rusia baru-baru ini mengalami kemunduran di medan perang, yang membuat negara itu menargetkan infrasturktur energi di Ukraina.

Sehingga, dapat mengganggu listrik, air, dan panas bagi jutaan orang di Ukraina.

Baca juga: Presiden Putin Luncurkan Pesawat Bomber Supersonik Berkekuatan Nuklir

Sekilas tentang sistem Rudal Patriot

Rudal Patriot
Rudal Patriot (Anthony Sweeney/U.S. Army Europe)
Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas