Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

100 Tentara Ukraina akan Latihan Militer di AS, Belajar Operasikan Rudal Patriot

100 Tentara Ukraina akan latihan militer di AS. Mereka akan belajar mengoperasikan rudal patriot. Selain AS, Jerman juga beri baterai rudal patriot.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in 100 Tentara Ukraina akan Latihan Militer di AS, Belajar Operasikan Rudal Patriot
AFP/RONALDO SCHEMIDT
Presiden Volodymyr Zelensky (tengah) berjalan di kota Bucha, tepat di barat laut ibukota Ukraina Kyiv pada 4 April 2022. - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada 3 April 2022 bahwa kepemimpinan Rusia bertanggung jawab atas pembunuhan warga sipil di Bucha, di luar Kyiv , di mana mayat ditemukan tergeletak di jalan setelah kota itu direbut kembali oleh tentara Ukraina. (Photo by RONALDO SCHEMIDT / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Sekitar 100 tentara Ukraina akan pergi ke Amerika Serikat minggu depan untuk memulai pelatihan sistem pertahanan rudal Patriot.

Langkah ini membuat Ukraina semakin dekat untuk mendapatkan perlindungan dari serangan Rusia.

Ukraina telah meminta agar AS menyediakan sistem pertahanan peluru kendali permukaan-ke-udara Patriot selama berbulan-bulan.

Rudal patriot itu dapat menargetkan pesawat terbang, rudal jelajah, dan rudal balistik jarak pendek.

Selama kunjungan akhir Desember 2022 ke AS, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan baterai akan membuat perbedaan yang signifikan dalam memperkuat pertahanan Ukraina melawan invasi Rusia.

Baca juga: Pimpinan Grup Wagner Rusia Klaim Menangkan Perang Paling Brutal di Kota Tambang Garam Ukraina

100 Tentara Ukraina latihan militer di AS

“Pelatihan ini akan mempersiapkan sekitar 90 hingga 100 tentara Ukraina untuk mengoperasikan, memelihara, dan mempertahankan sistem pertahanan selama kursus pelatihan yang diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan,” kata Sekretaris Pers Pentagon Brigadir Angkatan Udara, Jenderal Pat Ryder, Selasa (10/1/2023), seperti diberitakan Kementerian Pertahanan AS.

BERITA REKOMENDASI

Ryder mengatakan, pelatihan untuk tentara Ukraina akan mencakup pekerjaan di kelas, pelatihan langsung dengan sistem Patriot, serta laboratorium simulasi.

Pelatihan ini juga akan fokus pada apa yang dibutuhkan Ukraina begitu mereka kembali ke rumah.

“Pelatihan akan disesuaikan untuk memberikan taktik, teknik, dan prosedur yang relevan berdasarkan kondisi medan perang di Ukraina untuk memungkinkan mereka menerapkannya secara maksimal begitu mereka kembali ke Ukraina,” kata Ryder.

Tentara Ukraina dari brigade ke-68 menyiapkan peluru 120mm untuk ditembakkan dari peluncur mortir di posisi di sepanjang garis depan di wilayah Donetsk pada 9 Desember 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina.
Tentara Ukraina dari brigade ke-68 menyiapkan peluru 120mm untuk ditembakkan dari peluncur mortir di posisi di sepanjang garis depan di wilayah Donetsk pada 9 Desember 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Ihor Tkachov / AFP)

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-322: Kelompok Tentara Bayaran Wagner Klaim Kuasai Soledar

AS dan Jerman janjikan rudal patriot

AS menjanjikan satu baterai Patriot pada bulan Desember 2022 sebagai bagian dari satu dari beberapa paket bantuan militer besar yang telah diberikannya kepada Ukraina dalam beberapa minggu terakhir, seperti diberitakan Al Jazeera.

Pekan lalu Jerman menjanjikan baterai Patriot tambahan.

Setiap baterai Patriot terdiri dari sistem peluncuran yang dipasang di truk dengan delapan peluncur yang masing-masing dapat menampung hingga empat pencegat rudal, radar darat, stasiun kontrol, dan generator.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas