Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rusia-Belarus Gelar Latihan Perang Udara Defensif, Ukraina Khawatir Ada Serangan Baru

Rusia dan Belarus menggelar latihan militer bersama yang memicu kekhawatiran Ukraina, bahwa Rusia dan sekutunya akan melancarkan serangan baru.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Rusia-Belarus Gelar Latihan Perang Udara Defensif, Ukraina Khawatir Ada Serangan Baru
REUTERS/Maxim Shemetov
Kementerian Pertahanan Belarus mengirim Sistem rudal taktis Iskander dan sistem pertahanan udara S-400 untuk mendukung perang Rusia di Ukraina. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

 
TRIBUNNEWS.COM, DNIPRO - Rusia dan Belarus mulai menggelar latihan militer bersama hari ini, Senin (16/1/2023), yang memicu kekhawatiran Kyiv bahwa Moskow dan sekutunya akan melancarkan serangan darat baru di Ukraina.

Melansir dari Reuters, Rusia dan Belarus akan melakukan latihan bersama angkatan udara mulai 16 Januari sampai 1 Februari 2023, menggunakan semua lapangan terbang militer Belarus dan memulai latihan militer bersama yang melibatkan "subdivisi brigade mekanis" pada hari ini, kata kementerian pertahanan Belarus.

Belarus mengungkapkan latihan udara bersifat defensif dan "tidak akan memasuki perang".

"Kami mempertahankan pengekangan dan kesabaran, menjaga bubuk mesiu kami tetap kering," kata wakil sekretaris negara pertama Dewan Keamanan Belarus, Pavel Muraveyko, menurut sebuah postingan di aplikasi Telegram kementerian pertahanan Belarusia pada Minggu (15/1/2023).

Muraveyko mengatakan situasi di perbatasan selatan Belarus dengan Ukraina "tidak terlalu tenang" dan menyebut Ukraina telah "memprovokasi" Belarus.

"Kami siap untuk setiap tindakan provokatif dari pihak Ukraina," katanya.

BERITA TERKAIT

Moskow membantah telah menekan Presiden Belarus Alexander Lukashenko untuk mengambil peran lebih aktif dalam konflik di Ukraina.

Sementara Ukraina terus memperingatkan kemungkinan serangan yang dilancarkan Belarus. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan pada pekan lalu bahwa Ukraina harus lebih bersiap di perbatasannya dengan Belarusia.

Belarus telah melakukan banyak latihan militer sejak invasi Rusia ke Ukraina dimulai, baik sendiri maupun bersama dengan Moskow. Dalam latihan militer dengan Rusia, Belarus juga memperkuat latihan dengan persenjataan dan perlengkapan militer.

Channel pemantauan militer di Telegram yang tidak resmi telah melaporkan serangkaian pesawat tempur, helikopter, dan pesawat angkut militer yang datang ke Belarus sejak awal tahun ini, dengan delapan pesawat tempur dan empat pesawat kargo dilaporkan terbang ke Belarus pada Minggu (15/1/2023).

Baca juga: Belarus: Sistem Rudal Iskander yang Dikerahkan Rusia Telah Siap Digunakan Perang

Reuters tidak dapat memverifikasi laporan tersebut. Sedangkan kementerian pertahanan Belarus hanya mengatakan bahwa "unit" angkatan udara Rusia telah tiba di negara itu.

Apartemen di Dnipro Hancur

Ukraina melihat sedikit adanya harapan untuk menarik lebih banyak orang yang selamat dari puing-puing di sebuah blok apartemen di kota Dnipro pada Minggu, sehari setelah bangunan itu dihantam oleh serangan rudal besar-besaran Rusia, dengan puluhan orang diperkirakan tewas.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas