Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Setelah Penolakan Turki, AS Sebut Finlandia dan Swedia Siap Bergabung dengan NATO

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menyebut Swedia dan Finlandia siap bergabung dengan NATO setelah Turki mengancam tidak memberikan izin

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Setelah Penolakan Turki, AS Sebut Finlandia dan Swedia Siap Bergabung dengan NATO
TOM BRENNER / POOL / AFP
Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price berbicara kepada wartawan selama jumpa pers di Departemen Luar Negeri di Washington, DC pada 1 Maret 2021. Ned Price menyebut Swedia dan Finlandia siap bergabung dengan NATO setelah Turki mengancam tidak mendukung Swedia bergabung. 

TRIBUNNEWS.COM - Setelah Turki menolak mendukung Swedia bergabung dengan NATO, Departemen Luar Negeri AS justru mengatakan Finlandia dan Swedia siap bergabung, Reuters melaporkan.

Di hadapan para wartawan pada hari Senin (23/1/2023), juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price juga mengatakan bahwa membakar kitab suci adalah tindakan yang sangat tidak sopan.

"Sesuatu bisa sah tetapi mengerikan," ujarnya.

Mengutip livemint.com, Turki kembali menolak Swedia menjadi anggota NATO dikarenakan adanya aksi pembakaran Alquran oleh politisi anti-Islam Rasmus Paludan.

Sejak awal, Turki sudah ragu-ragu menerima Swedia, terutama karena Swedia sejauh ini menolak permintaan Erdogan untuk menyerahkan puluhan orang yang dia yakini memiliki hubungan dengan militan Kurdi di Turki.

Aksi pembakaran Alquran kali ini semakin memperumit hubungan tersebut.

Baca juga: Turki Ancam Blokir Swedia Menjadi Anggota NATO Buntut Insiden Pembakaran Alquran

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut tindakan tersebut sebagai penghinaan bagi semua orang, terutama umat Islam.

BERITA TERKAIT

Erdogan juga menyatakan kekecewaannya pada pihak berwenang Swedia yang mengizinkan demonstrasi berlangsung di luar Kedutaan Besar Turki di Stockholm di bawah “perlindungan” pasukan keamanan.

Merujuk Swedia, Erdogan mengatakan negara-negara yang mengizinkan protes berlangsung di depan kedutaan Turki tidak dapat lagi mengharapkan kebaikan hati dari Turki dalam hal keanggotaan NATO.

Ia juga mengatakan bahwa Swedia harus mengukur konsekuensi dari mengizinkan demonstrasi Paludan.

Pembakaran kitab suci telah memicu kemarahan di antara orang-orang di seluruh dunia.

Insiden itu mendapat kecaman tajam dari beberapa pemimpin politik global.

Presiden Turki dan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) Recep Tayyip Erdogan menyampaikan pidato selama pertemuan kelompok parlemen partainya di Majelis Nasional Besar Turki di Ankara pada 1 Juni 2022.
Presiden Turki dan pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (Partai AK) Recep Tayyip Erdogan menyampaikan pidato selama pertemuan kelompok parlemen partainya di Majelis Nasional Besar Turki di Ankara pada 1 Juni 2022. (Adem ALTAN / AFP)

Baca juga: MUI Kecam Keras Aksi Pembakaran Alquran di Swedia

Erdogan juga mengkritik Swedia karena membiarkan protes pro-Kurdi mengibarkan bendera berbagai kelompok Kurdi, termasuk Partai Pekerja Kurdistan, PKK.

Di Turki, Uni Eropa, dan Amerika Serikat, PKK diidentifikasi sebagai kelompok teroris.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas