Tribun

Penembakan Massal

Terungkap, Senjata Semi-otomatis Tersangka Penembakan Half Moon Bay Terdaftar Secara Legal

Terungkap, tersangka penembakkan massal di Half Moon Bay diketahui memiliki senjata semi-otomatis yang terdaftar atas namanya.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Terungkap, Senjata Semi-otomatis Tersangka Penembakan Half Moon Bay Terdaftar Secara Legal
SHAE HAMMOND / POOL / AFP
Chunli Zhao, pria yang dituduh menembak mati tujuh orang di Half Moon Bay, California, muncul untuk dakwaannya di Pengadilan Kriminal San Mateo di Redwood City, California, pada 25 Januari 2023. Zhao Chunli ditangkap 23 Januari 2023 di gardu sheriff di kota pesisir selatan San Francisco, tak lama setelah serangan kembar di peternakan di daerah tersebut. 

TRIBUNNEWS.COM - Terungkap, tersangka penembakkan massal di Half Moon Bay memiliki senjata semi-otomatis yang terdaftar atas namanya.

Penegak hukum setempat tidak mengenal sosok Chunil Zhao (66) sebelum insiden mengerikan itu,

"Pria tersebut tidak menunjukkan tanda bahawa sejauh yang diketahui kantor sheriff," kata Sheriff San Mateo County, Christina Corpus kepada CNN, Selasa (24/1/2023).

Zhao ditangkap pada Senin (23/1/2023).

Dikutip Al Jazeera, pihak berwenang membeberkan bahw Zhao bertindak sendiri saat beraksi.

Zhao memasuki peternakan tempatnya bekerja di Half Moon Bay, menembak dan membunuh empat orang serta melukai (korban) yang kelima.

Sederet karangan bunga ditempatkan di seberang jalan dari balai kota Half Moon Bay untuk menghormati para korban penembakan di Half Moon Bay, California, pada 24 Januari 2023. Seorang tersangka pria bersenjata ditahan pada 23 Januari 2023 atas pembunuhan tujuh orang di komunitas pedesaan di California utara, hanya dua hari setelah penembakan massal pada perayaan Tahun Baru Imlek di dekat Los Angeles.
Sederet karangan bunga ditempatkan di seberang jalan dari balai kota Half Moon Bay untuk menghormati para korban penembakan di Half Moon Bay, California, pada 24 Januari 2023. Seorang tersangka pria bersenjata ditahan pada 23 Januari 2023 atas pembunuhan tujuh orang di komunitas pedesaan di California utara, hanya dua hari setelah penembakan massal pada perayaan Tahun Baru Imlek di dekat Los Angeles. (Samantha Laurey / AFP)

Baca juga: Tersangka Penembakan Half Moon Bay California Hadapi 7 Dakwaan Pembunuhan

"Dia kemudian pergi ke pertanian terdekat tempat dia bekerja sebelumnya dan membunuh tiga orang lagi," Juru bicara kantor sherif, Eamonn Allen.

Diadili Februari mendatang

Hakim California dilaporkan menyetui permintaan pengacara pembela untuk menunda sidang yang dijadwalkan pada Rabu (25/1/2023).

Diperkirakan dia akan diadili pada 16 Februari 2023 mendatang.

Ditahan tanpa jaminan

Zhao tampak menutupi wajahnya dengan selembar kertas kuning saat pertama memasuki ruang sidang.

Baca juga: Penembakan Massal di Half Moon Bay California, Tidak ada Korban WNI

Tangannya yang dibelenggu juga terlihat gemetar.

Zhao akan ditahan tanpa jaminan.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas