Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pabrik Senjata Iran Diserang Drone, Israel Diduga Jadi Dalangnya

Sebuah pabrik militer di pusat kota Isfahan, Iran, diserang pesawat tak berawak (drone) pembawa bom pada Sabtu (28/1/2023) malam.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pabrik Senjata Iran Diserang Drone, Israel Diduga Jadi Dalangnya
Ist
Ilustrasi: Komandan Angkatan Darat Iran, Kiyoumars Heydari menyebut pesawat tak berawak alias drone yang diberi nama Arash-2 ini memang dirancang khusus untuk melakukan serangan ke negara Israel. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Sebuah pabrik militer di pusat kota Isfahan, Iran, diserang pesawat tak berawak (drone) pembawa bom pada Sabtu (28/1/2023) malam.

Pihak berwenang Iran mengatakan serangan itu menyebabkan beberapa kerusakan di pabrik tersebut, sementara serangan terjadi di tengah meningkatnya ketegangan regional dan internasional yang melanda Iran.

Melansir dari CNBC, Kementerian Pertahanan Iran tidak memberikan informasi mengenai pihak mana yang dicurigai melalukan serangan itu.

Baca juga: Inggris Kecam Eksekusi Mati Eks Wamenhan Iran yang Dituduh Jadi Mata-Mata

Namun, Teheran telah menjadi sasaran dalam serangan pesawat tak berawak yang diduga dilakukan Israel, di tengah perang bayangan dengan Israel saat kesepakatan nuklirnya dengan negara Barat runtuh.

Sementara itu, ketegangan juga meningkat dengan negara tetangganya Azerbaijan setelah seorang pria bersenjata menyerang kedutaan negara itu di Teheran, membunuh kepala keamanannya dan melukai dua lainnya.

Serangan drone di pabrik Isfahan terjadi pada Sabtu sekitar pukul 11.30 malam waktu setempat. Kementerian Pertahanan Iran mengungkapkan tiga drone diluncurkan di pabrik tersebut, dengan dua di antaranya berhasil ditembak jatuh.

BERITA REKOMENDASI

Serangan itu menyebabkan "kerusakan kecil" pada atap pabrik dan tidak melukai siapa pun, kata kementerian itu.

Saluran televisi berita di Iran yang berbahasa Inggris, Press TV, menayangkan sebuah video yang menunjukkan saat pesawat tak berawak itu menghantam sepanjang Jalan Tol Imam Khomeini yang sibuk di Isfahan, yang menjadi salah satu jalan ke kota Qom dan ibu kota Iran, Teheran.

Sementara kerumunan sekelompok kecil orang tampak berdiri menyaksikan ledakan dan percikan api menghantam pabrik persenjataan yang gelap.

"Ya Tuhan! Itu drone, bukan?” ucap pria yang merekam video itu sambil berteriak.

Baca juga: Teheran Eksekusi Warga Negara Inggris-Iran Alireza Akbari, Pernah Jabat Wakil Menteri Pertahanan

“Ya, itu adalah drone,” ujar yang lainnya, sedangkan orang-orang di video itu terlihat melarikan diri saat mengetahui insiden tersebut.

Rekaman video mengenai serangan itu, serta rekaman lainnya yang dianalisis oleh The Associated Press, berhubungan dengan sebuah fasilitas militer di Jalan Minoo di Isfahan yang dekat dengan pusat perbelanjaan yang sebiam besar menjual karpet dan toko elektronik.

Kementerian Pertahanan Iran hanya menyebut fasilitas militer itu sebagai "bengkel", tanpa merinci apa yang diproduksi di dalam bangunan tersebut.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas