Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Unicef: Ribuan Anak Mungkin Turut Jadi Korban Tewas Gempa Turki-Suriah

Angka yang diverifikasi terkait anak-anak yang menjadi korban, saat ini belum tersedia

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Unicef: Ribuan Anak Mungkin Turut Jadi Korban Tewas Gempa Turki-Suriah
AFP/CAN EROK
Tim penyelamat mencari korban selamat melalui puing-puing bangunan yang runtuh di Adana, pada 6 Februari 2023 setelah gempa berkekuatan 7,8 melanda tenggara negara itu. - Jumlah korban tewas gabungan telah meningkat menjadi lebih dari 1.900 untuk Turki dan Suriah setelah gempa terkuat di kawasan itu dalam hampir satu abad. Layanan darurat Turki mengatakan sedikitnya 1.121 orang tewas dalam gempa tersebut, dengan 783 kematian dikonfirmasi di Suriah. (Photo by Can EROK / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA - Juru bicara Unicef, James Elder mengatakan bahwa gempa bumi dahsyat berkekuatan 7,8 skala richter yang mengguncang Turki dan Suriah kemungkinan telah membunuh ribuan anak.

"Kami tahu bahwa banyak sekolah, rumah sakit dan fasilitas medis, pendidikan lainnya telah rusak atau hancur akibat gempa, yang berdampak besar pada anak-anak," kata Elder.

Sementara itu, angka yang diverifikasi terkait anak-anak yang menjadi korban, saat ini belum tersedia.

Dikutip dari laman The Guardian, Selasa (7/2/2023), Elder menyebut ini merupakan gempa paling kuat yang melanda wilayah itu dalam hampir 100 tahun.

Ia menegaskan bahwa pengungsi Suriah di Suriah barat laut dan di Turki termasuk yang paling rentan.

Baca juga: Lembaga Kemanusiaan: Situasi Bencana di Suriah Saat Ini Mirip dengan Turki

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun sebelumnya telah memperingatkan bahwa jumlah total korban bisa melebihi angka 20.000.

BERITA TERKAIT

Perlu diketahui, gempa dengan kekuatan serupa di wilayah tersebut pada tahun 1999 menewaskan sedikitnya 17.000 orang.

Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter ini berpusat di selatan Turki, tepatnya di provinsi Kahramanmaras pada Senin pagi, pukul 04.17 waktu setempat.

Perlu diketahui, Turki dan Suriah merupakan negara tetangga, sedangkan pusat gempa yakni di Kahramanmaras berada di perbatasan kedua negara.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pun telah melakukan komunikasi dengan Gubernur Kahramanmaras dan menyampaikan duka cita kepada masyarakat terdampak.

Tim SAR juga telah dikerahkan dari seluruh penjuru Turki.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu menegaskan bahwa prioritas saat ini adalah penyelamatan korban yang terjebak di reruntuhan dan bantuan darurat bagi masyarakat terdampak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas