Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Tembus 9.400 Jiwa, Presiden Erdogan Akan Kunjungi Lokasi Bencana

Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 melanda distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras pada pukul 04:17 waktu setempat pada Senin (6/2/2023).

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Korban Tewas Gempa Turki-Suriah Tembus 9.400 Jiwa, Presiden Erdogan Akan Kunjungi Lokasi Bencana
AFP/STR
Tim penyelamat mencari korban selamat akibat gempa melalui puing-puing di Sanliurfa, pada 6 Februari 2023. Setidaknya 6.957 orang tewas di Turki, sementara di Suriah tercatat korban tewas mencapai 2.530 jiwa. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, ANKARA - Korban tewas gempa besar yang melanda Turki dan Suriah meningkat menjadi lebih dari 9.000 jiwa.

Setidaknya 6.957 orang tewas di Turki, sementara di Suriah tercatat korban tewas mencapai 2.530 jiwa.

Melansir dari Al Jazeera, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan melakukan perjalanan ke daerah yang paling terkena dampak bencana, setelah ia mengumumkan keadaan darurat tiga bulan di 10 provinsi.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 melanda distrik Pazarcik di provinsi Kahramanmaras pada pukul 04:17 waktu setempat pada Senin (6/2/2023).

Baca juga: UPDATE Gempa Turki: 123 Orang Berhasil Dievakuasi KBRI Ankara dari 5 Wilayah Paling Terdampak

Menurut United States Geological Service (USGS), gempa terjadi pada kedalaman sekitar 17,9 kilometer (11 mil).

Lusinan gempa susulan tercatat terjadi setelah gempa pertama, membuat pejabat Turki mengimbau masyarakat untuk tidak memasuki bangunan yang rusak agar korban jiwa tidak bertambah.

BERITA TERKAIT

Lembaga pemberi bantuan bergulat dengan pengiriman bantuan darurat ke Suriah yang dilanda perang.

Lebih dari 12.000 anggota tim pencarian dan penyelamatan Turki bertugas di daerah yang terkena dampak bencana, bersama dengan 9.000 tentara. Lebih dari 70 negara telah menawarkan tim penyelamat dan bantuan lainnya.

China menawarkan bantuan kemanusiaan darurat sebesar 30 juta yuan atau sekitar 4,4 juta dolar AS untuk Suriah, kata juru bicara kementerian luar negeri negara itu, Mao Ning.

Mao mengungkapkan 2 juta dolar AS dari bantuan darurat akan digunakan untuk uang tunai dan pasokan bantuan yang sangat dibutuhkan.

Dia menambahkan, China akan mempercepat proyek bantuan pemberian bahan pangan.

China telah berkomitmen untuk memberikan bantuan darurat tahap pertama sebesar 40 juta yuan kepada Turki.

Tim penyelamat gempa yang dikirim oleh China juga telah tiba di Bandara Adana Turki pagi ini, Rabu (8/2/2023), kata stasiun televisi China CCTV.

Tim beranggotakan 82 orang itu membawa 20 ton pasokan dan peralatan medis dan perlengkapan penyelamatan lainnya, serta empat anjing pencari dan penyelamat, tambah CCTV.

Selain itu, tim penyelamat masyarakat sipil yang berjumlah setidaknya 52 orang, yang berasal dari provinsi Guangdong, Jiangsu, Jiangxi dan Zhejiang, sedang menuju ke daerah yang dilanda gempa di Turki, lapor CCTV.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas