Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kisah Proteo, Anjing asal Meksiko yang Gugur saat Mencari Korban Gempa Turki

Seekor anjing bernama Proteo asal Meksiko ini tewas tertimpa bangunan saat mencari korban gempa di Turki.

Penulis: Whiesa Daniswara
Editor: Nuryanti
zoom-in Kisah Proteo, Anjing asal Meksiko yang Gugur saat Mencari Korban Gempa Turki
Kementerian Pertahanan Meksiko
Kementerian Pertahanan Meksiko memberikan ucapan duka atas gugurnya anjing Proteo saat melakukan misi pencarian korban gempa Turki. 

TRIBUNNEWS.COM - Seekor anjing asal Meksiko, Proteo gugur setelah tertimpa bangunan saat melakukan pencarian korban gempa di Turki, Minggu (12/2/2023).

Proteo dikirim ke Turki untuk misi internasional mencari korban yang tertimbun bangunan akibat gempa Turki dan Suriah.

Dikutip dari Daily Mail, Kementerian Pertahanan Meksiko pun memberikan ucapan duka setelah mendengar kabar Proteo gugur.




"Terima kasih Proteo atas kerja heroik Anda, Anda memenuhi misi Angkatan Darat Meksiko," tulis pernyataan Kementerian Pertahanan Meksiko.

"Para anggota Angkatan Darat dan Angkatan Udara Meksiko sangat menyesalkan kehilangan rekan hebat kami, anjing 'Proteo', Anda memenuhi misi Anda sebagai anggota Delegasi Meksiko dalam pencarian dan penyelamatan saudara-saudara kita di Turki. Kami bangga padamu," lanjut pernyataan tersebut.

Seorang tentara yang mengambil bagian dalam operasi penyelamatan di Turki merasa sangat kehilangan atas gugurnya Proteo.

Baca juga: Tim Indonesia Search and Rescue Berhasil Evakuasi 4 Jenazah Korban Gempa di Hatay Turki

"Saya ingin memberitahu Anda (Proteo) bahwa saya bangga dengan Anda, karena Anda selalu menjadi anjing yang kuat, pekerja anjing yang tidak pernah menyerah," ujarnya.

BERITA TERKAIT

Proteo adalah satu dari sepuluh anjing yang dikirim dari Meksiko ke Turki untuk membantu penyelamatan korban gempa.

Di media sosial, orang-orang memuji Proteo atas usahanya, tetapi beberapa menuntut lebih banyak detail tentang keadaan kematian anjing penyelamat pemberani itu.

Sebuah gambar yang diposting di media sosial konon menunjukkan Proteo terbaring di bagasi mobil dengan infus di kaki depannya.

Sejauh ini, Kementerian Pertahanan Meksiko belum menjelaskan bagaimana anjing itu mati, dengan media Meksiko melaporkan bahwa saat itu sedang mencari korban yang selamat di puing-puing.

Baca juga: Update Korban Tewas Gempa Turki dan Suriah: Tembus 37.000 Jiwa Lebih

Pekerja darurat berjuang melawan waktu untuk menyelamatkan orang dari puing-puing, dengan komunitas internasional mengirimkan banyak ahli untuk membantu.

Pencarian Dimaksimalkan

Tim penyelamat Emirat melanjutkan operasi pencarian dan penyelamatan mereka di kota Jableh yang dikuasai rezim di provinsi Latakia, barat laut ibu kota Suriah, pada 12 Februari 2023, setelah gempa bumi yang mematikan. - Gempa berkekuatan 7,8 melanda awal pada tanggal 6 Februari saat orang tidur, di wilayah di mana banyak orang telah menderita kerugian dan pengungsian akibat perang sipil Suriah.
 (Photo by Karim SAHIB / AFP)
Tim penyelamat Emirat melanjutkan operasi pencarian dan penyelamatan mereka di kota Jableh yang dikuasai rezim di provinsi Latakia, barat laut ibu kota Suriah, pada 12 Februari 2023, setelah gempa bumi yang mematikan. - Gempa berkekuatan 7,8 melanda awal pada tanggal 6 Februari saat orang tidur, di wilayah di mana banyak orang telah menderita kerugian dan pengungsian akibat perang sipil Suriah. (Photo by Karim SAHIB / AFP) (AFP/KARIM SAHIB)

Setidaknya 31.643 orang kehilangan nyawa mereka setelah gempa bumi berkekuatan 7,7 dan 7,6 mengguncang Turki bagian selatan.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas