Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Banjir Terjang Johor Malaysia, 4 Orang Tewas, 40 Ribu Lainnya Mengungsi

Upaya penyelamatan sedang dilakukan di beberapa bagian Malaysia setelah banjir musiman menewaskan sedikitnya empat orang.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
zoom-in Banjir Terjang Johor Malaysia, 4 Orang Tewas, 40 Ribu Lainnya Mengungsi
Mohd RASFAN / AFP
Anak-anak berjalan di samping bilik di pusat evakuasi tempat orang-orang tinggal setelah rumah mereka terendam banjir di Kota Tinggi, negara bagian Johor Malaysia, pada 5 Maret 2023. Sedikitnya empat orang tewas dan hampir 41.000 dievakuasi di Malaysia setelah banjir yang disebabkan oleh hujan deras yang berlangsung berhari-hari melanda beberapa negara bagian. 

TRIBUNNEWS.COM - Banjir musiman menerjang beberapa bagian di Malaysia.

Dilaporkan CNN, sedikitnya empat orang tewas dan 40 ribu lainnya terdampak banjir.

Di antara kematian yang dikonfirmasi otoritas Johor pada Sabtu (4/3/2023), seorang pria dilaporkan terjebak dalam mobil yang tersapu oleh air banjir.

Rekaman yang diambil oleh petugas penyelamat dan sukarelawan menunjukkan banyak orang terdampar di atap rumah dan kediaman mereka tenggelam oleh air.

"Dulu kami selalu mempersiapkan musim hujan pada November dan Desember," kata Mohd Noor Saad, seorang warga berusia 57 tahun di Kota Yong Peng, di distrik Batu Pahat, Johor kepada Reuters.

"Setiap rumah tangga punya perahu, tapi sekarang dengan cuaca yang tidak bisa diprediksi, sepertinya kita tidak siap dan menjadi kacau."

Baca juga: Banjir Malaysia: Johor Tampung Lebih dari 5.500 Pengungsi, Sabah Nyaris 6.500 Orang

Anak-anak berjalan di samping bilik di pusat evakuasi tempat orang-orang tinggal setelah rumah mereka terendam banjir di Kota Tinggi, negara bagian Johor Malaysia, pada 5 Maret 2023. Sedikitnya empat orang tewas dan hampir 41.000 dievakuasi di Malaysia setelah banjir yang disebabkan oleh
Anak-anak berjalan di samping bilik di pusat evakuasi tempat orang-orang tinggal setelah rumah mereka terendam banjir di Kota Tinggi, negara bagian Johor Malaysia, pada 5 Maret 2023. Sedikitnya empat orang tewas dan hampir 41.000 dievakuasi di Malaysia setelah banjir yang disebabkan oleh "kecelakaan" " hujan deras yang berlangsung berhari-hari melanda beberapa negara bagian, kata para pejabat 4 Maret. (Mohd RASFAN / AFP)

Pemerintah dirikan 200 tempat penampungan

BERITA TERKAIT

Pihak berwenang telah mendirikan lebih dari 200 tempat penampungan bantuan untuk orang-orang yang terlantar akibat banjir, kata badan penanggulangan bencana nasional.

Banjir di Malaysia biasa terjadi selama musim hujan tahunan antara Oktober dan Maret.

Namun hujan deras minggu ini membuat banyak penduduk Johor berebut mencari tempat berlindung.

Gambar yang dibagikan oleh Badan Bencana Banjir Nasional menunjukkan tim evakuasi menerjang banjir demi menyelamatkan warga yang terjebak di rumah mereka.

Seorang pekerja penyelamat terlihat membawa bayi dalam ember ke tempat yang aman.

Gambar lain menunjukkan jalan dan hutan yang banjir dan kendaraan terendam air berlumpur.

Baca juga: Alasan Wakil Malaysia Tak Nyaman Langsung Jumpa Leo/Daniel di All England 2023

Malaysia, seperti banyak negara di Asia Tenggara, rentan terhadap banjir musiman.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas