Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-379: NATO Sebut Kota Bakhmut Bisa Jatuh dalam Beberapa Hari

Rangkuman peristiwa perang Rusia-Ukraina yang sudah memasuki hari ke-379, NATO memperkirakan kota Bakhmut akan jatuh dalam beberapa hari.

Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Endra Kurniawan
zoom-in Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-379: NATO Sebut Kota Bakhmut Bisa Jatuh dalam Beberapa Hari
General Staff of the Armed Forces of Ukraine
Prajurit Brigade Kholodny Yar ke-93 mempersiapkan mortir MO-1220-RT buatan Prancis pada Jumat (3/3/2023), dalam upaya mempertahankan Kota Bakhmut dari Rusia. Rangkuman peristiwa perang Rusia-Ukraina yang sudah memasuki hari ke-379, NATO memperkirakan kota Bakhmut akan jatuh dalam beberapa hari. 

TRIBUNNEWS.COM - Perang Rusia-Ukraina sudah memasuki hari ke-379, Kamis (9/3/2023).

Mengutip The Guardian, berikut sejumlah peristiwa yang terjadi.

- Kota Bakhmut yang terletak di timur Ukraina, bisa jatuh dalam beberapa hari ke depan, ujar sekretaris jenderal NATO, Jens Stoltenberg.

“Apa yang kita lihat adalah bahwa Rusia mengerahkan lebih banyak pasukan, lebih banyak kekuatan, dan apa yang kurang yakni kualitas Rusia yang mereka coba perbaiki secara kuantitas."

"Mereka telah menderita kerugian besar, tetapi pada saat yang sama, kita tidak dapat mengesampingkan bahwa Bakhmut pada akhirnya akan jatuh dalam beberapa hari mendatang."

- Pendiri kelompok tentara bayaran Wagner, Yevgeny Prigozhin, yang memimpin serangan Rusia di Bakhmut, mengatakan pasukan Rusia sekarang sepenuhnya menguasai bagian timur kota itu.

Baca juga: Protes Perang di Ukraina, Anak-anak Rusia Jadi Sasaran Tindakan Keras Kremlin

Staf Umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan dalam laporannya pada Rabu (8/3/2023) pagi:

BERITA TERKAIT

“Musuh, meskipun mengalami kerugian yang signifikan, terus menyerbu kota Bakhmut.”

- Rusia tidak mungkin merebut lebih banyak wilayah secara signifikan tahun ini, menurut direktur intelijen nasional AS, Avril Haines.

Haines mengatakan di sidang Senat bahwa militer Rusia mungkin tidak akan dapat melanjutkan pertempuran saat ini, bahkan dengan kemungkinan penangkapan Bakhmut.

- Pentagon dituduh memblokir pembagian intelijen AS dengan pengadilan pidana internasional (ICC) tentang kejahatan perang Rusia di Ukraina.

Departemen pertahanan itu dikatakan dengan tegas menentang penggunaan ICC yang berbasis di Den Haag, sebagai cara meminta pertanggungjawaban pasukan Rusia atas kejahatan perang yang meluas dengan alasan bahwa preseden pada akhirnya dapat berbalik melawan tentara AS.

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah mengundang ketua DPR AS Kevin McCarthy untuk mengunjungi Ukraina.

Zelensky mengusulkan kunjungan tersebut dalam sebuah wawancara dengan CNN.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat konferensi pers bersama dengan mitranya dari Finlandia setelah pembicaraan mereka di Kyiv, pada 24 Januari 2023, di tengah invasi militer Rusia di Ukraina.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky saat konferensi pers bersama dengan mitranya dari Finlandia setelah pembicaraan mereka di Kyiv, pada 24 Januari 2023, di tengah invasi militer Rusia di Ukraina. (Sergei SUPINSKY / AFP)

Baca juga: Komandan Termuda Ukraina Tewas dalam Pertempuran, Dipuji sebagai Pahlawan oleh Presiden Zelensky

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas