Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pyongyang Konfirmasi Luncurkan ICBM Hwasong-17, Mendarat di Lepas Laut Timur Korea

Uji coba Hwasong-17 merupakan peluncuran terbaru dari serangkaian uji senjata yang bertepatan ketika Seoul-AS gelar latihan militer Freedom Shield.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Pyongyang Konfirmasi Luncurkan ICBM Hwasong-17, Mendarat di Lepas Laut Timur Korea
STRINGER / KCNA VIA KNS / AFP
Gambar ini diambil pada 18 Februari 2023 dan dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) resmi Korea Utara pada 19 Februari 2023 menunjukkan uji tembak rudal balistik antarbenua (ICBM) "Hwasong-15", di Bandara Internasional Pyongyang. - Korea Utara (Korut) mengonfirmasi telah menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) dan bahwa itu adalah Hwasong-17. 

TRIBUNNEWS.COM - Korea Utara (Korut) mengonfirmasi telah menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) pada Kamis (16/3/2023) dan bahwa itu adalah Hwasong-17.

Di Pyongyang, Hwasong-17 dikenal sebagai 'rudal monster'.

Peluncuran rudal balistik dilarang di bawah sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap Pyongyang.

Dikutip Al Jazeera, peluncuran rudal terdeteksi oleh Korea Selatan (Korsel) dan Jepang pada Kamis (16/3/2023).

Peluncuran dilakukan beberapa jam sebelum Presiden Kosel, Yoon Suk Yeol dijadwalkan terbang ke Tokyo untuk pertemuan puncak dengan Perdana Menteri (PM) Jepang, Fumio Kishida.

Uji coba Hwasong-17 merupakan peluncuran terbaru dari serangkaian uji senjata yang bertepatan ketika Seoul dan Amerika Serikat (AS) menggelar latihan bersama Freedom Shield, Senin (13/3/2023).

Baca juga: Korea Utara Kembali Luncurkan 2 Rudal Balistik Saat Amerika dan Korsel Sedang Latihan Gabungan

Media pemerintah Korut mengonfirmasi uji ICBM dengan mengatakan bahwa itu dimaksudkan untuk menunjukkan sikap tanggap yang keras terhadap latihan militer AS-Seoul yang provokatif dan agresif.

BERITA REKOMENDASI

Pyongyang mengatakan rudal itu menempuh ketinggian maksimum sekitar 6.000 km (3.700 mil) dan terbang sekitar 1.000 km (620 mil).

ICBM itu secara akurat mendarat di area yang telah ditentukan di perairan terbuka di lepas Laut Timur Korea, juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Foto-foto yang menyertai laporan di media pemerintah menunjukkan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyaksikan peluncuran bersama putrinya.

“Latihan peluncuran senjata strategis berfungsi sebagai kesempatan untuk memberikan peringatan yang lebih kuat kepada musuh yang dengan sengaja meningkatkan ketegangan di semenanjung Korea sambil terus-menerus melakukan ancaman militer yang tidak bertanggung jawab dan sembrono,” kata kantor berita negara KCNA.

Minggu ini Pyongyang telah menguji rudal balistik jarak pendek dan rudal jelajah strategis dari kapal selam.

Baca juga: Korea Utara Kembali Gelar Uji Coba Rudal, Kali Ini Luncurkan 2 Rudal Balistik Jarak pendek

Orang-orang duduk di dekat televisi yang menayangkan siaran berita dengan rekaman file uji coba rudal Korea Utara, di sebuah stasiun kereta api di Seoul pada 16 Maret 2023. Korea Utara menembakkan
Orang-orang duduk di dekat televisi yang menayangkan siaran berita dengan rekaman file uji coba rudal Korea Utara, di sebuah stasiun kereta api di Seoul pada 16 Maret 2023. Korea Utara menembakkan "rudal balistik jarak jauh" pada 16 Maret, kata militer Seoul, peluncuran ketiganya minggu ini, saat Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol menuju ke Tokyo untuk meningkatkan hubungan dalam menghadapi agresi Pyongyang yang semakin meningkat. (Anthony WALLACE / AFP)

Tes rudal balistik dilarang di bawah resolusi Dewan Keamanan PBB atas program nuklir Korea Utara.

Hwasong -17 adalah rudal terbesar Korea Utara dan merupakan ICBM berbahan bakar cair mobile terbesar di dunia.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas