Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Presiden Brazil Lula da Silva Batalkan Kunjungan ke China karena Pneumonia

Presiden Brazil Lula da Silva membatalkan kunjungan ke China karena perawatan medis akibat infeksi pneumonia. Lula da Silva dirawat di RS Brasilia.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Presiden Brazil Lula da Silva Batalkan Kunjungan ke China karena Pneumonia
Bloomberg/AFP via Getty Images/Evaristo Sa
Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva membatalkan kunjungannnya ke China karena menjalani perawatan kesehatan setelah terinfeksi pneumonia. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva membatalkan perjalanannya ke China karena perawatan medis yang ia jalani terkait pneumonia dan influenza.

Kantor Pers Pemeritah Brazil melaporkan, keputusan itu dibuat pada Sabtu (25/3/2023), setelah sempat menunda keberangkatannya pada Minggu (26/3/2023).

Lula da Silva didiagnosis menderita Pneumonia pada Kamis (23/3/2023).

Ana Helena Germoglio, dokter yang menangani Lula da Silva, menyarankan untuk melakukan perawatan kesehatan.

"Meski ada perbaikan klinis, layanan medis presiden merekomendasikan untuk menunda perjalanan ke China sampai siklus penularan virus berakhir," kata Ana.

Pihak kepresidenan memilih membatalkan kunjungan itu, meski pihak medis hanya menyarankan untuk menundanya, dikutip dari AP News.

Baca juga: Eks Presiden Brasil, Jair Bolsonaro Ajukan Visa Turis Amerika Serikat

Awalnya, kunjungan itu dijadwalkan pada 27-31 Maret 2023.

BERITA REKOMENDASI

Pihak China telah menerima kabar pembatalan ini dan mungkin kedua negara ini akan menjadwalkan kunjungan pada tanggal baru, dikutip dari Reuters.

Presiden Lula da Silva dirawat di rumah sakit di Brasilia, Brazil.

Sebelumnya, ia menunjukkan gejala mirip flu dan dokter mendiagnosa menderita bronkopneumonia bakteri dan virus akibat influenza A.

Pengambilan video ini diambil pada 25 Januari 2021, dari situs web Forum Ekonomi Dunia menunjukkan Presiden China Xi Jinping berbicara dari Beijing saat ia membuka Forum Ekonomi Dunia yang serba virtual, yang biasanya berlangsung di Davos, Swiss.
Pengambilan video ini diambil pada 25 Januari 2021, dari situs web Forum Ekonomi Dunia menunjukkan Presiden China Xi Jinping berbicara dari Beijing saat ia membuka Forum Ekonomi Dunia yang serba virtual, yang biasanya berlangsung di Davos, Swiss.  - China merupakan mitra dagang terbesar Brazil. (WORLD ECONOMIC FORUM (WEF) / AFP)

Baca juga: Tatanan Dunia Baru Rusia dan China Ancam Hegemoni Ekonomi Amerika Serikat

China adalah Mitra Dagang Brazil

China merupakan mitra dagang terbesar Brazil.

Lebih dari sepertiga pemimpin bisnis berasal dari sektor pertanian Brazil, yang mengirimkan bagian terbesar dari daging sapi, kedelai, dan bubur kayunya ke China.

Pembatalan kunjungan itu merupakan kesempatan yang hilang untuk berhubungan kembali dengan elit bisnis, yang sangat pro-Bolsonaro.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas