Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hadapi Banyak Tekanan, PM Netanyahu Tunda Reformasi Peradilan

Benjamin Netanyahu umumkan penangguhan reformasi peradilan yang kontroversial, setelah berbulan-bulan menghadapi aksi protes nasional besar-besaran.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Hadapi Banyak Tekanan, PM Netanyahu Tunda Reformasi Peradilan
AFP/AHMAD GHARABLI
Para pengunjuk rasa bentrok dengan polisi selama unjuk rasa menentang reformasi peradilan pemerintah Israel di Tel Aviv, Israel pada 27 Maret 2023. - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada 26 Maret 2023 memecat Menteri Pertahanan Yoav Galant sehari setelah dia melanggar barisan, dengan alasan keamanan keprihatinan dalam menyerukan jeda untuk reformasi peradilan kontroversial pemerintah. Pada hari ketika 200.000 orang turun ke jalan Tel Aviv untuk memprotes reformasi, Galant - yang telah menjadi sekutu setia Netanyahu - pada hari Sabtu mengatakan "kita harus menghentikan proses legislatif" selama sebulan mengingat perpecahannya. Benjamin Netanyahu telah mengumumkan penangguhan reformasi peradilan yang kontroversial, setelah berbulan-bulan menghadapi aksi protes nasional besar-besaran. (Photo by AHMAD GHARABLI / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, TEL AVIV - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu telah mengumumkan penangguhan reformasi peradilan yang kontroversial itu, setelah berbulan-bulan menghadapi aksi protes nasional besar-besaran.

Dalam sebuah pernyataan pada Senin malam, ia mengatakan bahwa dirinya telah memerintahkan 'batas waktu' pada Undang-undang (UU) kontroversial itu hingga setelah masa reses parlemen Israel (Knesset).

Ini dilakukan untuk 'memberikan kesempatan nyata pada dialog nyata'.

Dikutip dari laman Russia Today, Selasa (28/3/2023), PM petahanan ini pun mengutuk berbagai pihak yang berupaya merintangi langkahnya dan menyebut mereka sebagai ekstremis.

"Sekelompok kecil ekstremis yang bersedia mencabik-cabik negara kita, membawa kita ke perang saudara dan menyerukan penolakan dinas militer, ini kejahatan yang mengerikan," kata Netanyahu.

Sebelumnya, media lokal melaporkan bahwa ia telah mengadakan diskusi panjang tentang masalah tersebut dalam semalam dengan sekutu politiknya.

Reformasi adalah tuntutan utama dari Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir.

BERITA TERKAIT

Partainya, yakni Otzma Yehudit hanya memiliki enam kursi di Knesset, namun jika ia meninggalkan koalisi pemerintahan, maka Netanyahu akan kehilangan mayoritasnya dan harus mengadakan pemilihan lagi.

Pengumuman tersebut muncul setelah Netanyahu memecat Menteri Pertahanannya, Yoav Gallant yang menentang reformasi tersebut dengan alasan bahwa hal itu mengancam keamanan nasional.

Pemecatan terhadap Gallant pun telah 'menambah bahan bakar' pada aksi protes itu, dengan ratusan ribu orang turun ke jalan di seluruh negeri.

Para pengunjuk rasa memblokir jalan dan memegang bendera nasional selama unjuk rasa menentang reformasi peradilan pemerintah Israel di Tel Aviv, Israel pada 27 Maret 2023. - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada 26 Maret 2023 memecat Menteri Pertahanan Yoav Galant sehari setelah dia melanggar barisan , mengutip masalah keamanan dalam menyerukan jeda reformasi yudisial pemerintah yang kontroversial. Pada hari ketika 200.000 orang turun ke jalan Tel Aviv untuk memprotes reformasi, Galant - yang telah menjadi sekutu setia Netanyahu - pada hari Sabtu mengatakan
Para pengunjuk rasa memblokir jalan dan memegang bendera nasional selama unjuk rasa menentang reformasi peradilan pemerintah Israel di Tel Aviv, Israel pada 27 Maret 2023. - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada 26 Maret 2023 memecat Menteri Pertahanan Yoav Galant sehari setelah dia melanggar barisan , mengutip masalah keamanan dalam menyerukan jeda reformasi yudisial pemerintah yang kontroversial. Pada hari ketika 200.000 orang turun ke jalan Tel Aviv untuk memprotes reformasi, Galant - yang telah menjadi sekutu setia Netanyahu - pada hari Sabtu mengatakan "kita harus menghentikan proses legislatif" selama sebulan mengingat perpecahannya. (Photo by AHMAD GHARABLI / AFP) (AFP/AHMAD GHARABLI)

Saat aksi protes semakin intensif, bentrokan pun terjadi antara pengunjuk rasa dengan polisi.

Presiden Israel Isaac Herzog kemudian mendesak koalisi pemerintahan yang dipimpin Netanyahu 'untuk segera menghentikan UU'.

Herzog menambahkan bahwa kerusuhan mengancam keamanan, ekonomi dan masyarakat.

Serikat pekerja terbesar Israel, Histadrut juga menyerukan pemogokan umum pada Senin lalu.

Serangan itu bahkan menutup bandara internasional Ben Gurion di Tel Aviv, sebagian besar layanan kesehatan Israel, kedutaan serta konsulatnya di seluruh dunia.

Perlu diketahui, reformasi yang diinisiasi Netanyahu itu dimaksudkan untuk membatasi kekuasaan Mahkamah Agung (MA) dalam memerintah cabang legislatif dan eksekutif pemerintahan saja.

Proposal tersebut pun mendapatkan tentangan sengit, dengan pihak oposisi menggambarkan perombakan itu sebagai serangan terhadap demokrasi.

Sumber: https://www.rt.com/news/573655-netanyahu-suspend-judicial-reform/

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas