Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-400 Invasi: Putin Bersikeras Moskow Beradaptasi dengan Sanksi

Operasi militer khusus yang diperintahkan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada 24 Februari 2022 kemarin, kini sudah memasuki hari ke-400.

Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-400 Invasi: Putin Bersikeras Moskow Beradaptasi dengan Sanksi
Kementerian Luar Negeri Rusia/MFA Russia
Presiden Rusia Vladimir Putin pada Konferensi Parlemen Internasional #RussiaAfrica di Dunia Multipolar pada 19-20 Maret 2023. Putin bersikeras Moskow beradaptasi dengan hukuman dan bahwa pengangguran "tetap rendah". 

TRIBUNNEWS.COM - Operasi militer khusus yang diperintahkan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada 24 Februari 2022 lalu, kini sudah memasuki hari ke-400, Kamis (30/3/2023).

Rusia telah dijatuhi beragam sanksi dari sekutu Barat bahkan Uni Eropa atas tindakannya.

Namun Putin mengklaim sanksi terhadap Rusia memiliki konsekuensi negatif bagi ekonomi Moskow.

Ia bersikeras Kremlin beradaptasi dengan hukuman dan angka pengangguran di Rusia masih tetap rendah.

Selengkapnya, simak rangkuman update perang Rusia vs Ukraina hari ke-400 berikut yang dikutip dari Guardian:

Baca juga: Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-399 Invasi: Moskow Tembak Jatuh Bom Pintar Berpemandu GLSDB

Ledakan di pangkalan udara militer Rusia

Sebuah ledakan dilaporkan terjadi di dekat pangkalan udara militer Rusia di Krimea, semenanjung Laut Hitam yang dianeksasi oleh Rusia dari Ukraina pada tahun 2014, menurut rekaman yang dibagikan di media sosial.

BERITA REKOMENDASI

Kepala Krimea yang ditunjuk Rusia, Sergey Aksyonov, memposting ke Telegram bahwa "sebuah UAV [drone] ditembak jatuh di wilayah Simferopol" dan bahwa "tidak ada korban jiwa atau kerusakan".

Ukraina tembaki Melitopol

Pasukan Ukraina dilaporkan menembaki kota Melitopol Ukraina yang dikuasai Rusia, di selatan wilayah Zaporizhzhia, dan media Rusia melaporkan pada hari Rabu bahwa pasokan listrik kota telah terputus.

Walikota Melitopol yang diasingkan, Ivan Fedorov yang telah diduduki oleh pasukan Rusia sejak Maret 2022, mengatakan di aplikasi pesan Telegram telah terjadi beberapa ledakan.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-398 Invasi: Seruan Boikot Atlet Rusia di Olimpiade 2024 Paris

Presiden Ukraina, Zelensky, berbicara dengan Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi di Zaporizhzhia, pada Senin (27/3/2023).
Presiden Ukraina, Zelensky, berbicara dengan Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi di Zaporizhzhia, pada Senin (27/3/2023). (Rafael Grossi)

Pertempuran di Bakhmut

Kepala kelompok tentara bayaran Rusia Wagner, Yevgeny Prigozhin mengatakan pertempuran untuk kota timur Bakhmut telah "secara praktis menghancurkan" tentara Ukraina tetapi pasukannya juga "rusak parah".

Pemimpin yang dipasang Rusia di wilayah itu mengatakan pasukan Rusia bergerak maju di Bakhmut meskipun mendapat perlawanan sengit dan hampir menguasai sepenuhnya pabrik logam di sana.

Pertempuran di Avdiivka

Pasukan Rusia yang mencoba mengepung kota Avdiivka dalam beberapa hari terakhir hanya memperoleh keuntungan kecil meskipun mengalami kerugian besar pada kendaraan lapis baja, termasuk resimen tank, kata Kementerian Pertahanan Inggris.

IAEA kunjungi PLTN Zaporizhzhia

Kepala pengawas nuklir PBB, Badan Energi Atom Internasional (IAEA), telah melakukan kunjungan kedua ke pembangkit nuklir Zaporizhzhia di Ukraina di tengah meningkatnya pertempuran di sekitarnya.

Baca juga: Update Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-397: IAEA akan Tinjau Situasi PLTN Zaporizhzhia Minggu Depan

Rafael Mariano Grossi diperlihatkan di sekitar pabrik oleh pasukan dan pejabat pendudukan Rusia.

"Jelas bahwa aktivitas militer meningkat di seluruh wilayah ini, jadi setiap tindakan dan tindakan pencegahan yang mungkin harus diambil agar pabrik tidak diserang," katanya kepada wartawan.

Polandia minta pembatasan biji-bijian Ukraina

Polandia telah mendesak Uni Eropa untuk membatasi jumlah biji-bijian Ukraina yang memasuki pasar blok tersebut, kata perdana menterinya, Mateusz Morawiecki.

Pernyataan tersebut dikeluarkan di tengah kemarahan di kalangan petani atas pengaruh impor terhadap harga biji-bijian Polandia.

Zelensky undang Xi Jinping ke Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah menyampaikan undangan kepada mitranya dari China, Xi Jinping, untuk mengunjungi Ukraina.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-395: 10 Warga Sipil Tewas, Kedua Pihak Eksekusi Tawanan Perang

Prajurit Ukraina menembak dengan howitzer D-30 ke posisi Rusia di dekat Bakhmut, Ukraina timur, pada 21 Maret 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Photo by Sergey SHESTAK / AFP)
Prajurit Ukraina menembak dengan howitzer D-30 ke posisi Rusia di dekat Bakhmut, Ukraina timur, pada 21 Maret 2023, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Photo by Sergey SHESTAK / AFP) (AFP/SERGEY SHESTAK)

Dalam sebuah wawancara dengan Associated Press, Zelenskiy berkata: “Kami siap melihatnya di sini. Saya ingin berbicara dengannya. ”

(Tribunnews.com/Andari Wulan Nugrahani)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas